Situ Patenggang - Objek Wisata Favorit di Jawa Barat

Situ Patenggang atau Situ Patengan yakni suatu danau yang berada di area destinasi wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, tepatnya di Ciwidey. Berada di ketinggian 1600 mdpl, danau ini mempunyai panorama yang sangat eksotik. Situ Patenggang juga mempunyai panorama alam yang sangat asri, sebab di sekitarnya terdapat bentangan kebun teh yang cukup luas.

Luas Situ Patenggang kurang lebih 45.hektar. Serta luas keseluruhan cagar alamnya hingga 123.077,15 hektar. Situ Patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan bagi mereka yang telah berkunjung ke destinasi wisata Kawah Putih. Jaraknya dari wisata kawah putih kurang lebih 7 km serta memerlukan waktu 10 menit perjalanan.

Situ Patenggang



Mitos Situ Patenggang

Menurut pemberitahuan yang tertera di lokasi wisata tersebut, Situ Patenggang berasal dari bahasa sunda, pateangan - teangan ( saling mencari ). Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi yang pertumbuhannya bersama alam, yakni ki Snatan serta Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk waktu yang lama. Lantaran cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mecari hingga akhirnya di takdirkan bertemu di salah satu tempat yang hingga sekarang disebut " Batu Cinta". Dewi Rengganis meminta dibikinkan danau serta sebuah perahu untuk mengarungi bersama. Perahu inilah yang hingga saat ini menjadi sebuah nusa ( pulau kecil ) yang berbentuk hati ( pulau asmara). Berdasarkan cerita ini, yang mampir di batu cinta dan melingkari pulau asmara, selalu mendapat cinta yang abadi seperti mereka.

Situ Patenggang
Deretan Perahu yang digunakan untuk menyusuri area Situ 


Situ Patenggang berada di Jln. Raya Ciwidey - Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Jawa Barat. Koordinat GPS : S7. 163690 - E7.357070, Altitude 1605 meter.

Tranpsortasi

Banyak rute pilihan lain yang bisa anda lalui untuk bisa sampai ke Situ Patenggang, baik itu dari arah jakarta ke Patenggang ataupun dari Bandung itu sendiri.

Jarak tempuh dari pusat kota bandung untuk sampai ke Situ Patenggang memakan waktu kurang lebih 1 jam 24 menit perjalanan.

Sedangkan jika dari titik nol jakarta ( Pelabuhan sunda kelapa ) yakni membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam 5 menit perjalanan. Berikut ini 4 rute yang pada umumnya sering di lewati oleh para pengunjunag dari Jakarta serta Bandung kota.

Rute Perjalanan untuk menuju Situ Patenggang

Rute jalan dari Jakarta ke Patenggang
Jakarta : 151 > Cipularang : 25,3 km > Pintu Tol Kopo : 15,3 km> Soreang : 14,4 km > Ciwidey : 14,2 km > Patenggang.

Jakarta : 151 km > Cipularang : 32, 5 km > Tol Buah Batu : 121, 4 km > Banjaran : 9.1 km > Sorenag : 14,2 km > Ciwidey : 14,2 km > Patenggang.

Jakarta : 151 km > Cipularang : 19.6 km > Leuwi Gajah : 16,9 km > Soreang : 14,2 km > Ciwidey : 14.2 km > Patenggang.

Rute jalan dari Jakarta ke Patenggang memakai kendaraan umum jika memakai kendaraan umum dari Jakarta, anda dapat memakai bis rute Leuwi Panjagn Bandung. Dari sana selanjutnya dilanjutkan memakai minibus rute Leuwi Panjang - Ciwidey. Dari terminal Ciwidey ada angkutan kota dengan rure menuju Pantenggang.

Rute Jalan dari Bandung ke Patenggang
Buah Batu - Situ Patenggang :
Buah Batu  > Bojong Soang  > Banjar  > Soreang  > Ciwidey  > Situ patenggan atau Buah Batu  > Kopo > Ciwidey  > Situ Patenggang.

Majalaya - Patenggang :
Majalaya  > Ciparay  > Banjaran > Soreang > Ciwidey > Situ Patenggang.

Peta Lokasi Situ Patenggang


 

 

Akomodasi

Tiket masuk ke kawasan wisata Situ Patenggang yakni Rp. 18.000/ orang untuk weekday serta Rp. 20.500/orang untuk weekend, selanjutnya untuk kendaraannya Bis Rp. 22.000/bis serta untuk mobil roda 4 yakni Rp. 11.000/ mobil, kemudian untuk pengedara motor Rp. 3.500/orang. Fasilitas yang tersedia antara lain yakni tempat parkir yang cukup luas, toilet, mushola dan tempat menginap yang terdapat di bawah pengelolaan perhutani. Selain itu juga dapat anda jumpai beberapa gazebo yang dapat anda gunakan untuk tempat istirahat di area objek wisata tersebut.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Situ Patenggang

Para pengunjung yang datang ke ini sebagian besar untuk berlibur bersama keluarga, untuk dapat menikmat suasa alam dengan kesejukan dari Situ Patenggang itu sendiri. Jika bila tidak merasa puas dengan hanya berjalan - jalan menyusuri bantaran situ, untuk itu bagi anda yang gemar untuk hidup di alam bebas ( camping ), bisa juga melakukan kegiatan tersebut di kawasan wisata tersebut.


Situ Patenggang
Camping - Situ Patenggang


Demikian ulasan tentang Situ Patenggang. Semoga tulisan ini dapat menyuguhkan informasi yang berguna serta dapat menjadi panduan jika anda hendak berlibur ke Situ Patenggang. Terima Kasih.
Advertisements