Pantai Lovina, Pesona Atraksi Lumba - Lumba Di Alamnya


Pantai Lovina


 Pantai Lovina, Pesona Atraksi Lumba - Lumba Di Alamnya




Pantai Lovina atau Lovina berada kurang lebih  km ke arah barat dari kota Singaraja, Bali. Merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di pulau Bali bagian utara. Tepatnya di Desa Kalibukbuk Kabupaten Buleleng, Bali. Maka dari itu lebih populer dengan sebutan wisata Kalibukbuk.

Pengunjung baik dari lokal maupun dari luar banyak yang berkunjung ke lokasi tersebut, Selain untuk melihat pantainya yang masih original ( natural ), serta untuk menyaksikan ikan lumba - lumba yang banyak di pantai ini. Dengan merental perahu nelayan sekitar, anda dapat mendekati sekumpulan ikan lumba - lumna. Bermacam penginapan mulai dari high class sampai cottage tersedia dengan harga yang bervariatif.


Sejarah Lovina

Mengupas akan sejarah Lovina, pastinya gak bisa lepas dengan sosok Anank Agung Paji Tisna. Kira - kira tahun 1950an, anak Agung Panji Tisna, sempat melaksanakan perjalanan ke beberapa negara di Eropa serta Asia. Apa yang mengundang perhatian  dia ? utamanya adalah kehidupan masyarakat India. Dia tinggal cukup lama di Bombay, cara hidup serta bagaimana kondisi masyarakat di sana, terntunya mempengaruhi pola pikir serta wawasan dia ke depan untuk Bali itu sendiri, yang terpenting pembangunan perekonomian untuk kesejahteraan penduduk di Kabupaten Buleleng.

Sementara ini, dia menyaksikan suatu tempatnya yang ditata rapi serta menjadi indah untuk orang - orang yang bertujuan untuk berlibur di pantai. Tanah tersebut mempunyai kesamaan dengan tanah kepunyaannya di Pantai Tukad Cebol. Buleleng yang juga berada di antara dua buah aliran sungai. Inspirasi Panji muncul untuk membangun sebuah tempat beristirahat ( santai ).


Pemunculan Lovina di Bali

Balik lagi ke luar negeri tahun 1953, Anak Agung Panji Tisana segera merealisasikan inspirasinya serta mulai membangun di tanah kepunyaannya, sebuah pondok yang diberi nama " Lovina ". Lokasi tersebut bertujuan untuk para  pelancong  ( turis ) untuk berlibur. Dilengkapi dengan 3 kamar tidur untuk bermalam serta restoran kecil berada di pinggir pantai.

Ketika itu, beberapa pengamat bisnis mencemaskan, akan rencana dia tidak akan berlajalan lancar sesuai yang diinginkan. Masih terlalu dini untuk membuat usaha seperti itu untuk di sebuah pantai terpencil seperti halnya Tukad Cebol. Pengamat budaya setempat mengutarakan " Lovina " yakni sebuah kata asing bukan bahasa Bali. Selanjutnya, gak ada huruf " V " dalam aksara Bali. Bahkan ada pendapat lain yang menyatakan harus dihapus atau diganti tidak boleh memakai kata Lovina.


Daya Tarik Pantai Lovina

Pantai Lovina mempunyai pasir hitam serta lokasinya masih begitu natural. Di areal pantai dapat kita temukan deretan perahu nelayan tradisional. Akan tetapi daya tarik yang paling utama bukanya dari keindahan pantainya melainkan aktivitas sekumpulan ikan lumba - lumba tepat di tengah laut.


Pantai Lovina
Deretan perahu yang digunakan untuk mengantar pengunjung ke tengah laut


Kawasan objek wisata Pantai Lovina begitu populer dengan pertunjukan sekelompok lumba - lumba di tengah laut. Di pantai ini dapat anda temukan ratusan ikan lumba - lumba. Untuk bisa menyaksikan atraksi lumba - lumba, anda mesti berangkat ke tengah laut ketika hari masih gelap, karena lumba - lumba akan muncul di sekitar jam 6 sampai jam 8 pagi.

Perjalan ke tengah laut begitu digemari oleh para pengunjung. Situasi laut di pantai Lovian ini relatif tenang, menjadikan dapat diarungi dengan nyaman walau cuma menggunakan perahu tradisional. Anda bisa menemukan ikan lumba - lumba kira - kira 1 km dari bibir pantai. Ada yang melompat dari permukaan air, serta ada juga yang cuma berenang. Begitu menarik aksi binatang air yang satu ini.

Wisatawan yang berkunjung bisa merental perahu tradisional milik nelayan setempat yang telah disediakan sebelumnya bagi wisatawan menyaksikan lumba - lumba di tengah laut. Sambil menuju ke tengah untuk melihat atraksi lumba - lumba, anda juta bisa menikmati peraian laut lovina yang masih menarik serta natural.


Pantai Lovina
Para Wisatawan sedang menyaksikan pertunjukan lumba - lumba


Rentang waktu melihat pertunjukan ikan lumba - lumba yakni sekitar 2 jam. Nelayan akan membawa dimana ikan lumba - lumba itu bermunculan. Selain dapat melihat pertunjukan ikan lumba - lumba, di Pantai Lovina juga bisa melakukan aktivitas menyelam. Biota lautnya pun beraneka ragam juga serta kalah kalah kerennya dengan lokasi - lokasi menyelam yang terdapat di pulau Bali.


Tiket untuk Melihat lumba - lumba di Lovina

Apakah anda merasa penasaran  dan tertarik sampai sejauh mana pertunjukan ikan lumba - lumba tersebut. Jika anda merasa tertarik, tentunya ingin mengetahui tentang harga tiket untuk dapat menyaksikan ikan lumba - lumba.

Untuk dapat menyaksikan lumba - lumba tentunya tidak dikenakan biaya ( gratis ). Yang dikenakan biaya hanyalah anggaran untuk menyewa perahu nelayan untuk mengantarkan ke tengah laut dimana lumba - lumba beraksi. Harga yang dikenakan untuk sewa perahu yakni 150.000/orang.

Dengan biaya tersebut untuk menyewa perahu dengan tujuan untuk menyaksikan lumba - lumba di tengah laut tentunya anda akan memperoleh :

  • Sewa perahu dengan durasi sekitar 2 jam an
  • Pengemudi perahu
  • Daya tampung perahu untuk 6 orang
  • Jaket pelampung
  • Breakfast usai menyaksikan pertunjukan lumba - lumba
  • Bila tanpa sarapan, harga yang ditawarkan lebih murah yakni Rp. 110.000/orang


Waktu yang paling tepat untuk dapat menyaksikan ikan lumba - lumba yakni mulai jam 06.30 hingga 07.30 pagi, jadi anda mesti sudah standby di lokasi pantai maksimal jam 05.30 pagi. Harga untuk nonton pertunjukan lumba -lumba belum termasuk biaya transportasi untuk menuju destinasi wisata Lovina Buleleng Bali.


Cara untuk menuju Pantai Lovina

Perjalanan dari pantai Kuta untuk menuju Lovina bisa ditempuh dengan waktu 3 jam perjalanan, dipengaruhi letak geografis yang naik turun dan berkelok - kelok. Andaikata ingin berlibur di Pulau Bali bagian utara, pantai lovina gak boleh terlewatkan. Jalan terbaik untuk bisa menuju destinasi wisata Lovina yakni  memanfaatkan jasa mobil rental.


Peta Lokasi Pantai Lovina




Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan tentang Pantai Lovina. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang bermanfaat serta dapat dijadikan referensi bilamana ingin beriwisata ke Pulau Bali, terima kasih.

Advertisements