Pulau Pahawang Lampung, Surganya Snorkeling

Pulau Pahawang Lampung - Lampung yakni salah satu kawasan  yang kaya akan destinasi wisata baharinya, begitu banyak surga untuk menikmati wisata bahari diantaranya snorkeling di Pantai Sari Tinggung, Pantai Mutun, Pulau Pisang, termasuk di Pulau Pahawang itu sendiri. Untuk anda yang memiliki gemar surfing anda bisa menuju ke Lampung Barat untuk dapat menaklukan ombak yang cuku tinggi serta anda dapat menikmati keindahan sunset yang begitu mempesona di Pantai Tanjung Setia.


Pulau Pahawang Lampung


Namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Pulau Pahawang yang merupakan surganya bagi para snorkeling. Pulau Pahawang berada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran Lampung. Pulau nan elok ini terdiri dari pahawang besar, pahawang kecil serta kelagian. Selanjutnya, kenapa dapat dibilang sebagai surganya snorkeling ? lantaran pahawang populer akan kekayaan biota lautnya, bermacam terumbu karang di perairan pulau Pahawang, telah banyak wisatawan domestik atau mancanegara berkunjung ke sini.


Biaya Snorkeling di Pulau Pahawang Lampung

Biasanya terdapat biro wisata yang menawarkan Trip Pulau Pahawang, dengan harga kisaran 150 - 200rb untuk sehari penuh, namun jika tripnya menginap 2 hari 2 malam harganya kisaran 450rb. Biaya tersebut berikut, sewa kapal, trip ke pulau - pulau kecil di pahawang, makan, kamera bawah air, serta rental peralatan snorkeling. Lumayan murah bukan ? untuk sebuah trip yang eksotis untuk merasakan keindahan bawah air Pulau Pahawang.


Pulau Pahawang Lampung
Wisatawan lagi melakukan Snorkeling - Pulau Pahawang


Akan tetapi bila ingin trip sendiri bersama dengan rombongan atau bersama keluarga bahkan pacar, biasanya untuk menyewa kapal untuk mengarungi PP pulau Pahawang besar, Pahawang kecil, Dermaga maka dipungut biaya kisaran 400 - 500rb. Namun alangkah baiknya bila kita berangkat dengan rombongan agar dapat meminimalisir anggaran yang mesti dikeluarkan. Lain halnya jika mempunyai perlengkapan sendiri bisa juga dibawanya mungkin bisa lebih minim pengeluaran.


Pulau Pahawang Lampung
Pesona Laut Pulau Pahawang


Perjalanan Menuju Pahawang Lampung

Nah, untuk mengarah ke Pulau Pahawang bila anda dari Jakarta memakai tranportasi darat berpatokan dari Pelabuhan Merak Banten mengarah Pelabuhan Bahauheni Lampung. Selanjutnya menuju Dermaga Ketapang dengan memakan waktu 40 menit perjalanan, dilanjutkan meunju pesisir pesawaran. Sepanjang perjalanan kita kan disajikan pemandangan elok laut Teluk Lampung, Pantai Queen Arta, Pantai Mutun, Pantai Dewa Mandapa, disana akan melintasi pasar Hanura serta tibalah di dermaga Ketapang. Perjalan anda belum usai, dari dermaga ketapang bergegas mengarungi dengan kapal dengan waktu tempuh kira - kira 20 menit untuk dapat menuju pulau Pahawang besar. Ketika di perjalanan anda akan melihat eloknya laut biru yang sangat menyejukan hati.


Peta Lokasi Pulau Pahawang Lampung


Spot Snorkeling di Pulau Pahawang Lampung


Di area wisata Pulau Pahawang ini terdapat beberapa spot snorkeling yang diperbolehkan diataranya : Pahawang Besar, Pahawang kecil, Pulau Kelagian serta Tanjung Putus. Akan tetapi jarak ke Tanjung Pulus terbilang cukup jauh sekitar 30 menitan lagi. Dari keseluruhan spot snorkeling di atas, semuanya begitu mempesona dan banyak sekali ikan - ikan  yang berenang kesana kemari. Serta jangan lupa untuk mengabadikan momen spesial berikut ini.

Perhatikan juga keselamatan ketika bersnorkeling untuk yang tidak bisa berenang, ada baiknya mengikuti arahan guide. Jangan lupa untuk memakai pelampung, sepatu katak serta alam pernafasan. Yang terpenting, anda jangan coba - coba untuk memegang hewan yang beresiko beracun yang dapat membahayakan diri kita.

Demikian ulasan di atas tentang Pulau Pahawang Lampung. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang bermanfaat serta dapat dijadikan panduan manakala anda hendak berkunjung ke sana, terima kasih.

Advertisements