Wisata Raja Ampat - Papua

Raja Ampat merupakan salah satu objek wisata yang yang terletak di Provinsi Papua Barat. Wisata ini telah diketahui oleh seluruh penjuru dunia akan keelokan alamnya yang begitu mempesona. Terbukti, adanya film dokumenter yang dibikin oleh Avant Premiere yang berjuduk Edisi Paradise 3, di mana film dokumenter ini menceritakan tentang keindahan alam laut Raja Ampat yang terletak di wilayaj Papua, yang mana destinasi ini dengan sebutan kawasan Amazon Lautan Dunia, julukan tersebut diberikan sebab letak dari tempat wisata ini letaknya tepat di pusat segitiga karang dunia. Wisata Raja Ampat terletak di kawasan teritorial Papua Barat, yang merupakan sebuah rangkaian yang tersebar dengan jumlah kira - kira 610 pulau, melainkan cuma 35 pulau yang dihuni oleh penduduk.


Wisata Raja Ampat



Raja Ampat yakni suatu wilayah kepulauan, dengan satu-satunya alat tranportasi yang dapat digunakan oleh penduduk setempat yang transportasi laut. Transportasi ini di gunakan untuk mencapai ibu kota ( Waisai ) ataupun kebalikannya. Dengan pulau yang merupakan pulau utama yang berada di kawasan ini membuatnya keunikan tersendiri mereka yang berkunjung ke objek wisata Raja Ampat. Sebutan atau nama Raja Ampat itu sendiri diambil dari kepercayaan penduduk setempat yang apabila diartikan ke dalam bahasa indonesia yakni Empat Raja.

Para wisatawan yang berdatangan dari penjuru dunia sengaja berkunjung untuk merasakan akan keindahan pulau yang keunikan wisata bawah lautnya, serta menyusuri dinding - dinding bawah laut dengan menyelam. Di sini pengunjung bisa mengarungi rangkaian kepulauan besar serta kecil, pegunungan, hutan tropis, rangkaian karang laut, pantai, pasir laut, dan keanekaragaman satwa di kawasan wisata Raja Ampat. Memang bisa disebutkan akan kekayaan alam seperti ini sangat langka, niscaya kita mesti bersyukur sekali jika Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sudah diutarakan dengan kata - kata.


Sejarah dari Raja Ampat

Wisata Raja Ampat memang bisa dikatakan sangat unik, sebab mempunyai nilai sejarah tersendiri. Sejarah dari Raja Ampat itu sendiri dari penduduk setempat dan mempunyai beberapa jenis cerita yang turun - temurun tentang cerita asal - usul nama Raja Ampat itu sendiri. Adapun salah satu jenis cerita yang beredar di masyarakat yaitu :

Pada zaman dahulu ada pasangan  suami istri hidup dengan sederhana di Teluk Kabui  kampun Wawiyai, yang kesehariannya sebagai perbambah hutan, yang sehari - harinya pergi untuk menemukan bahan makanan. Mereka bekerja keras untuk menelusuri hutan supaya dapat menemukan apa yang mereka inginkan dengan cepat. Akhirnya perjalanan mereka tiba di tepi sungai Waikeo, dan berhenti untuk melepas lelah. Waktu mereka beristirahat mereka sempat menemukan lima butir telur yang lokasinya tidak jauh dari tempat mereka beristirahat. Sesudah itu mereka mendekatinya dan ternyata telur tersebut ternyata telur naga. Lantaran dirasa menemukan telur yang aneh, lantas mereka membungkus dengan sebuah noken ( kantong ) serta dibawa pulang ke rumahnya. Setibanya di rumah telur mereka temukan disimpan di dalam kamar.

Hari akan segera berakhir serta malampun tiba, telur yang mereka simpan tadi ternyata mengeluarkan suara bisikan, tentunya mereka penasaran dan mencobanya untuk mengintipnya. Setelah mereka amati, mereka mendapati sebuah fenomena yang aneh ternyata telur tadi yang mereka temukan menetas serta berwujud 4 anak laki - laki serta satu perempuan. Kelima anak tersebut berpakaian halus yang membuktikan bahwa mereka keturunan seorang Raja.

Sampai saat ini siapa yang memberi nama kepada anak - anak yang dilahirkan dari kelima telut tersebut belum terungkap, akan tetapi penduduk setempat mengetahui masing - masih anak tersebut bernama sebagai berikut :

  • Nama Raja Legenda Raja Ampat
  • Betani yang kemudian menjadi Raja Salawati
  • Dohar menjadi Raja Lilinta ( Misool )
  • Mohamad menjadi Raja Waigama ( Batanta )
  • War menjadi Raja Waigeo
  • Pintolee anak perempuan yang dilahirkan dari telur nama tersebut

Setelah tumbuh dewasa, keempat anak laki - laki itu menjadi raja serta memimpin dengan bijaksana. Sementara, anak perempuan nya suatu saat ditemukan tengah hamil serta mengeluarkan dua  butir telur. Sesudah diketahui oleh kakak - kakaknya, satu telur yang dilahirkan disimpan di dalam kulit kerang dengan ukuran yang besar kemudian dihanyutkan sampai terdapat di sebuah pulau yang bernama Pulau Numfor, kemudian yang satunya, tidak menetas serta menjadi sebuah batu kemudian diberi nama Kapatnai. Batu tersebut diperlakukan seperti halnya anak raja oleh penduduk setempat, di beri tempat untuk bersemayam dan ditaruh pula dua buah batu yang merupakan pengawalan pada persemayaman tersebut. Hingga saat ini penduduk setempat masih menghargai kehadiran persemayaman tersebut dan menjadikan lokasi pemujaan.

Sebagian besar, rute yang ditempuh para pengunjung untuk dapat menjangkau lokasi objek wisata di Papua ini yakni dengan menggunakan perjalanan udara, serta menuju ke kota Sorong - Papua Barat ( Domine Edwark Osok ). Namun bandara tersebut tidak ada jalur penerbangan internasional yang langsung menuju Bandara tersebut. Tentunya, jika wisatawan dari luar negeri mesti transit dulu di jakarta, Surabaya, Denpasar, serta Makasar. Namun jika ingin menempuh jalur paling dekat, anda mesti transit di ujung pandang dan memerlukan waktu kira - kira 5 jam 12 menit waktu perjalanan   untuk tiba di Kota Sorong.



Wisata Raja Ampat
Bandar Udara - Raja Ampat


Selanjutnya dari kota Sorong, perjalanan diteruskan dengan memakai angkutan taxi menuju ke pelabuhan rakyak untuk menuju ke Ibukota Raja Ampat ( Waisai ). Kemudian perjalanan anda akan diteruskan lagi dengan memakai transportasi Kapal Ferry atau menyewa speedboat, setra disarankan di pelabuhan ini anda harus mempersiapkan perbekalan yang memadai seperti halnya air mineral, makanan instant dan lain - lain. Lantaran di harga keperluan di Ibukota Raja Ampat semakin tinggi. Di pelabuhan ini terdapat 2 kapal ferry yang melayani perjalanan dari Sorong ke Waisai, dan biasanya tiap kam 14.00 WIT, selajutnya kapal yang berikutnya berangkat sekitar 1- 2 jam berikutnya. Perjalanan ini memakan waktu 4-5 jam untuk tiba di pelabuhan Waisai.


Peta Lokasi Wisata Raja Ampat

 


Kegiatan yang bisa dilakukan di Tempat Wisata Raja Ampat

Objek wisata di Papua ini begitu banyak menyuguhkan pesona keanekaragaman hayati, yang bisa dikatakan cukup melimpah. Di tempat ini anda dapat menemukan kira - kira 540 jenis karang serta 1.511 spesies ikan. 75% karang yang dijumpai di seluruh dunia disini, yang jumlahnya kira - kira 10 kali lipat jumlah jenis karang yang pernah adan dapatkan seluruh karibia. Anda juga menemukan 27 spesies ikan langka yang hanya ada di sini. Selain itu di sini juga dapat 5 spesies penyu laut langka, 13 spesies hewan menyusui laut, serta 57 spesies udang mantis. Tentu bisa dibayangkan keunikan yang dipunyai oleh  obyek wisata ini.


Wisata Raja Ampat
Penginapan - Raja Ampat


Pesona pemandangan laut yang mempesona, yang dapat anda nikmati baik dari atas maupun bawah laut. Untuk itu anda tidak boleh melewatkan saat - saat berharga ketika berkunjung kesana. Situasi itu ditunjang oleh struktur tanah yang endemik, kekayaan biota laut serta kebudayaan dan kebijaksanaan penduduk setempat. Adapun kegiatan yang dapat anda lakukan disini yaitu sebagai berikut :

  1. Menjelajahi pulau Raja Ampat dengan memakai perahu
  2. Melakukan permainan kayak
  3. Menyelam untuk menikmati sisa - sia reruntuhan kapal di bawah laut
  4. Menikmati indahnya pulau - pulau karang ( karst ) di area Pulau Wayag
  5. Mengunjungi burung cenderawasih merah khas Papua Barat
  6. Memancing dengan cara tradisional Papua
  7. Ngasih makan Kuskus
  8. Menelusuri gua kelelawar ( bukan kelelawar varietas Dark Knight)
  9. Membikin patung kayu sendiri yang dibimbing oleh pengrajin asmat
  10. Snorkeling
  11. Trekking untuk menuju air terjun


Selain itu anda pula dapat melihat " hutan laut " , yang merupakan keajaiban alam yang unik serta menarik, yang berada dibagian Timur Waiego, keajaiban ini terbuat oleh sebuah sinar yang berasal dari air laut atau keajaiban pemandangan sunset yang dapat dilihat diatas perahu untuk mengelilingi permukaannya dengan kira - kira 10-18 menit. Keajaiban ini cuma dapat dilihat setiap penghujung tahun saja.

Gak cuma itu, di bagian barat serta utara kawasan Waigeo ada sebuah gelaran  suling bambu tradisional yang oleh penduduk setempat dinamakan suling tambur. Pagelaran ini bisa berlangsung bilamana ada sebuah festival keagamaan  atau peringatan Hari Kemerdekan Negara Republik Indonesia serta ada kunjungan tamu kenegaraan ( pejabat penting).

Daya tarik Goa Tomolol, di area tersebut anda akan dibikin kagum dengan panorama di Gua Tomolo, lukisan telapak tangan manusia serta hewan - hewan yang yang mempunyai ukuran sangat gede terlukiskan di dinding goa. Katanya lukisan ini dibuat pada masa zaman prasejarah.

Gak sampai disitu, sebelah utara Waigeo anda juga bisa merasakan wisata sejarah yang juga berbentuk gua yakni peninggalan perang Dunia ke II. Goa ini kabarnya merupakan tempat pasukan belanda mendirikan bunker. Serta masih banyak lagi destinasi wisata yang dapat anda sambangi yang terdapat di pulau Rajam Ampat tersebut.



Wisata Raja Ampat
Pulau Sulawati - Raja Ampat

Tips Berkunjung ke Wisata Raja Ampat

Berikut ini kami yang memberikan tips bila hendak berkunjung ke kepulauan Raja Ampat Papua, supaya liburan anda bisa menikmati suasana liburan yang mengasyikan. Adapun kiat - kiat yang dapat terapkan pada waktu hendak liburan ke Objek Wisata Raja Ampat berikut ini :

1. Agendakan Liburan Anda
Agendakan liburan pada bulan Oktober atau November, sebab pada masa itu kondisi laut lagi tenang. Serta apabila anda ingin mengabadikan momen spesial saat liburan tersebut pada kondisi tersebut dapat menghasilkan visual yang optimal.

2. Persiapkan Perlengkapan Kamera Khusus
Sebelum berangkat sepatunya anda mempersiapkan coating camera ( pembungkus ) agar bisa memotret ketika dibawah laut, atau anda juga dapat mempersiapkan keahlian fotografi anda. Karena untuk memotret di bawah air laut tidak semudah memotret pada umumnya.

3. Bawalah Perlengkapan Pelindung Badan
Pada dasarnya Destinasi wisata yang akan anda kunjungi di lokasi pantai atau perairan, tentunya yang mesti anda sediakan seperti halnya sunscreen, sunblock, dan sebagainya.

4. Membawa Anti Nyamuk
Daerah Raja Ampat bisa disebut masih original, sudah barang tentu masih banyak nyamuk sehingga liburan anda sedikit terganggu, maka dari itu dianjurkan untuk membawa obat anti nyamuk.

Itulah ulasan mengenai objek Wisata Raja Ampat Papua yang dapat saya sajikan dalam tulisan berikut ini. Semoga informasi ini dapat memberi wawasan yang mungkin dapat dijadikan panduan bilaman hendak berkunjung ke sana.
Advertisements