10 Objek Wisata di Kota Banjar yang Paling Populer

10 Objek Wisata di Kota Banjar yang Paling Populer - Potensi Objek Wisata di Kota Banjar Jawa Barat tentunya tidak kalah juga dengan destinasi yang tersebar di berbagai daerah lainnya. Yang dulunya sebagai Kota Administratif yang sempat menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Ciamis. Hingga akhirnya ditetapkan menjadi sebagai kota otonom sejak tahun 2002 silam tepatnya tanggal 1 Desember yang menjadikan terpisah dari Kabupaten Ciamis.

Banjar yang merupakan sebuah wilayah di Provinsi Jawa Barat yang letaknya sebagai pintu gerbang dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Untuk membedakannya dengan Banjarnegara, Kota Banjar lebih populer dengan nama Banjar Patroman yang asal mulanya dari Banjar Pataruman yang merupakan nama salah satu daerah yang ada di Kota Banjar ini.

Dengan luas Wilayah sekitar 113,49 km persegi, yang letak geografisnya lumayan bervariatif. Dimana pada wilayah utara, selatan didominasi dengan dataran tinggi ( perbukitan ). Sementara untuk wilayah tengah dilewati oleh aliran sungai Citanduy serta area pertanian yang banyak terdapat di pinggiran kota.

Dengan luas wilayah yang gak terlalu luas terdiri dari 4 kecamatan, Kota Banjar menyajikan bermacam destinasi wisata yang bisa untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta. Sama halnya dengan wilayah yang ada di Indonesia, Kota Banjar menyimpan berbagai potensi destinasi yang cukup memikat untuk dikunjungi. Berbagai Objek wisata di Kota Banjar bisa menjadi destinasi wisata pilihan yang cukup menarik untuk disambangi ketika weekend atau liburan tiba.

Mungkin anda semua penasaran sejauh mana berbagai destinasi wisata yang terdapat di wilayah Kota Banjar itu sendiri. Untuk itu yu kita simak penjalasan berikut ini.


10 Objek Wisata di Kota Banjar yang Paling Populer




1. Situ Mustika

10 Objek Wisata di Kota Banjar
Pesona alam Situ Mustika

Situ Mustika yakni sebuah destinasi wisata yang menyuguhkan pesona alam yang asri dan alami. Tempat ini dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin merefresh otak dari penatnya aktivitas sehari - hari dengan suasana yang menyenangkan.

Lepas dari pesona alam yang memikat, dengan adanya jembatan gantung yang terdapat di lokasi wisata tentunya menyajikan daya tarik tersendiri, untuk siapa saja yang berburu ( istilah sekarang hunting ) bisa anda jadikan spot swafoto dengan latar jembatan gantung tersebut.

Dengan harga tiket yang cukup terjangkau, anda bisa mengeksplor pesona alam Situ Mustika.  Untuk lokasinya berada di Desa Karang Panimbal, kematan Purwaharja.

2. Situ Leutik

10 Objek Wisata di Kota Banjar
Salah satu spot swafoto yang terdapat di Situ Leutik

Berwisata ke Situ Leutik dapat menjadi destinasi selanjutnya yang berada di wilayah Kota Banjar. Di kawasan ini, anda dapat menyalurkan kegemaran memancing atau hanya rileks menyaksikan keindahan alamnya.

Perlu anda ketahui bahwa spot wisata ini sarat akan nuansa mistik, salah satu aturan yang mesti anda ketahui dan dipatuhi yakni gak boleh berbicara kotor. Tentunya anda mesti tetap bersikap sopan  serta menjaga ucapan !. Untuk lokasinya berada di Dusun Babakan Pace, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar.

3. Lembah Pajamben

10 Objek Wisata di Kota Banjar
Salah satu spot swafoto di Lembah Pajamben

Cuma berjarak kurang lebih 4,5 km dari pusat kota Banjar anda bisa menjumpai destinasi wisata yang kerap dijadikan spot swafoto, baik oleh warga Banjar itu sendiri ataupun yang datang dari luar Kota Banjar itu sendiri. Di lokasi ini terdapat beberapa spot yang digunakan untuk swafoto dengan latar hamparan kota Banjar yang terlihat dari ketinggian, tentunya menjadi suasana yang cukup mengasyikan. Untuk lokasinya itu sendiri berada di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman.

4. Puncak Pagerbatu

10 Objek Wisata di Kota Banjar
View yang mempesona dari Puncak Pagerbatu

Keindahan Kota Banjar dapat kamu nikmati dengan sensasi yang cukup mengesankan, kita bisa menikmati pemandangan kota banjar dari Puncak Pagerbatu yang begitu eksotis.  Banyak wisatawan yang mengunggah keindahan spot wisata ini ke sosial media yang membuat Puncak Pagerbatu makin populer, sehingga tidak heran bila banyak ditemukan foto - foto Puncak Pagerbatu. Untuk lokasinya berada di Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman.

5. Curug Cibonte

10 Objek Wisata di Kota Banjar
Air terjun Cibonte

Suasana alam yang asri dengan gemericik air terjun dengan memiliki ketinggian 30 meter yang menjadi sajian yang membuat pikiran anda semakin rileks serta adem saat berada di lokasi ini. Akses untuk dapat sampai ke lokasi air terjun ini tergolong susah, akan tetapi menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang hendak ingin memjadikan liburan anda semakin mengesankan. Untuk lokasinya berada di Dusun Cijambu, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar.

5. Curug Panganten

10 Objek Wisata di Kota Banjar
Para pengunjung lagi melakukan beragai angel foto

Eksotisme air terjun dengan pesona alam yang masih sangat alami akan menjadikan pengalaman baru. Air terjun ini masih terbilang tersembunyi karena lokasinya yang cukup jauh dari jalan utama, tentunya dapat memanjakanmu dengan suasan yang menenangkan. Degan jalan - jalan kesini akan menjadikan pikiran anda menjadi lebih rileks serta fresh setelah dengan penat dan kesibukan kota yang terkadang menjadi stress. Untuk lokasinya sendiri berada di Dusun Sukamulya, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman.

6. Kolam Renang Mandalare

10 Objek Wisata di Kota Banjar
Pesona Kolam Mandalare

Sebuah kolam yang memiliki air yang sangat jernih dengan latar batu cadas yang eksotis tentunya akan memberikan efek yang bikin adem, tentunya sangat tepat untuk anda yang ingin menikmati suasana yang menenangkan. Untuk lokasinya di Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman.

7. Taman Kota Lapang Bakti

10 Objek Wisata di Kota Banjar
Suasana malam hari Taman Kota Lapang Bakti

Dengan dibangunnya taman dalam kota yang dapat dijadikan sebagai ruang terbuka hijau, dengan dengan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas olahraga tentunya dapat menjadikan lokasi yang banyak disambangi berbagai lapisan masyarakat. Namun yang datang tidak hanya untuk berolahraga melainkan untuk sekedar nongkrong atau untuk menikmati berbagai macam kuliner. Untuk itu Taman Kota Lapangan Bakti bisa dijadikan sebagai lokasi wisata berikutnya yang terdapat di wilayah Kota Banjar, untuk lokasinya sendiri berada di Jl. Mayjen Didi Kartasasmita, Kecamatan Banjar.

8. Dinding Hits Sumanding

10 Objek Wisata di Kota Banjar
View dinding yang sangat familiar bagi pada traveler

Anda gak usah bingung untuk hunting spot wisata trend dengan view yang cukup unik, dengan latar tembok yang dipenuhi tumbuhan merambat yang sekarang banyak diburu oleh para traveler dengan  keunikan yang cukup menarik, tentunya dapat menjadi hasil jepretan anda semakin mempesona. Untuk lokasinya di Dusun Sumanding, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar.

9. Alun - Alun Kota Banjar

10 Objek Wisata di Kota Banjar
Suasana malam Alun - Alun Kota Banjar

Menikmati suasana Kota Banjar dengan cara yang mengasyikan serta murah meriah tentunya dapat anda dapatkan dengan menyambangi Alun - alun Kota Banjar. Dari mulai sore hari lokasi ini dipenuhi dengan beraneka ragam pedagang ataupun aneka hiburan anak -anak, tentunya dapat dijadikan sebagai destinasi wisata kota. Untuk lokasinya berada di depan Pendopo Kota Banjar ( 0 km ).

10. Banjar Waterpark

10 Objek Wisata di Kota Banjar
Pengunjung lagi berenang di salah satu kolam yang terdapat di Banjar Waterpark

Pengalaman seru yang tidak dapat terlupakan bisa kamu dapatkan dengan menyambangi waterpark yang menjadi desitasi wisata kebanggaan Kota Banjar sendiri. Bermacam wahana seru dan unik yang bisa kamu coba, dari mulai wahana yang menyenangkan hingga yang dapat memacu adrenalin bisa kamu dapatkan di lokasi ini. Selain itu, dan bisa juga untuk sekedar bersantai dengan duduk disaung - saung yang sudah tersedia di area waterpark sambil menikmati suasana kegembiraan dari para pengunjung itu sendiri.

Demikian ulasan tentang 10 Objek Wisata di Kota Banjar yang Paling Populer. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang berguna dan bisa dijadikan referensi jika anda berkunjung ke Kota Banjar. Terima kasih.

Advertisements