Pulau Peucang, Wisata Pantai dan Hutan di Ujung Kulon

Pulau Peucang berada di Taman Nasional Ujung Kulon Kabupaten Pandeglang, Pulau Peucang yakni benar - benar surga terpencil yang berada di ujung paling barat Pualu Jawa. Dikelilingi oleh pantai berpasir putih yang sangat halus serta terumbu karang yang begitu mempesona, Peucang menyajikan ketenangan untuk siapa saja yang pernah berkunjung atau menginjakan kaki di pasirnya.


Pulau Peucang


Terletak di provinsi Banten, Pulau Peucang meliputi luas sekitar 450 ha, serta merupakan habibat bagi bermacam spesies hewan liar diantaranya monyet, burung enggang, biawak, babi hutan toucans, elang laut dan masih banyak lagi. Yang paling dominan dari berbagai spesies hewan liar yakni kijang ( populasinya sangat banyak ) di area pulau ini. Penghuni asli pulau ini juga memberi nama untuk pulau ini dengan nama " Peuncang ", karena dalam bahasa sunda sama artinya dengan kijang.

Populasi habitat liar dari pulau Peucang terpelihara dengan sangat baik sebab kurangnya predator. Secara geografis pulau Peucang merupakan dataran rendah dengan vegetasi utama yang luas yang terdari dari perpaduan pohon dengan usia yang beragam serta padang rumput degan semak yang begitu tebal. Maka dari dari yang menjadikan alasan sebagai surga bagi satwa liar.

Pulau Peucang, Wisata Pantai dan Hutan di Ujung Kulon
Sekumpulan kijang yang sedang mencari rerumputan - Pulau Peucang


Sebagian besar dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, termasuk Pulau Peucang juga terimbas oleh letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Nyaris tidak ada flora dan fauna yang selamat dari dampak bencana letusan serta tsunami yang diikuti. Akan tetapi, satu pohon tertentu dapat bertahan dan hingga sekarang masih hidup di pulau Peucang ini. Pohon yang digolongkan sebagai pohon kiara ( Ficus sp) disebut pohon " Kiara " dan diprediksi telah berumur lebih dari 1 abad.

Pohon menakjubkan ini mempunyai diameter yang cukup luar biasa dengan lingkaran yang dibikin lebih dari 30 manusia dewasa. Pohon kiara juga diketahui sebagai " Pohon Mencekik " sebab menyerap sumber daya dari pohon inang secara perlahan " mencekik " pohon inang hingga akhirnya mati. Buah pohon kiara dapat dimakan dan dibawa oleh hewan primata serta burung kemudian menjatuhkan sisa - sisa di cabang pohon inang. Dengan seiring waktu bibit pohon tersebut akan tumbuh  hingga akhirnya akan mencapai tanah dan lambat laun pohon inang mati dan digantikan sepenuhnya dengan pohon Kiara.

Di bawah permukaan air yang tampak jelas, taman karang mempesona dengan mahluk laut yang beraneka ragam menjadikan tempat ini sebagai lokasi yang sempurna untuk snorkeling di tepi pantai atau menyelam di berbagai tempat menyelam. Diantara berbagai satwa alam bawah laut Pulau tersebut yakni ikan kupu - kupu, ikan malaikat, ikan badut, ikan kakatua dan masih banyak lagi. Lokasi yang paling favorit dan hanya bisa dilakukan oleh penyelam di Karang Pocong di tepi barat pulau. Akan tetapi, menyelam di sini cuma dapat dilakukan oleh penyelam professional sebab mempunyai arus yang kuat karena letaknya berdekatan dengan samudera Hindia.

Pulau ini juga mempunyai hutan tropis yang luas untuk trekking serta mengamati satwa liar. Saat malam semakin dekat, pantai menyuguhkan panorama yang memukau serta suasana sunset di cakrawala. Pulau Peucang berguna sebagai base camp serta titik kumpul bagi mereka yang hendak  menelusuri Taman Nasional Ujung Kulon. Hal ini yang menjadi alasan di pulau ini anda akan mendapatkan akomodasi dan fasilitas penunjang.


Tips Bila Berkunjung ke Pulau Peucang

Bilamana anda hendak untuk berkunjung dan menjelajahi ke hutan anda mesti mengenakan celana panjang dan sepatu tertutup ( boat). Dan waktu berjalan di pulau, hendaknya anda mesti hati - hati terhadap monyet sebab terkadang akan mencoba untuk mengambil barang - barang yang kita kenakan seperti halnya topi, kacamata, kamera atau perlengkapan lainnya.


Akses Menuju Lokasi Pulau Peucang

Pulau Peucang cuma bisa dicapai dengan perahu dari Sumur Dock atau Tanjung Lesung Resort atau dengan speed boat dari Objek Wisata Pantai Carita. Perahu untuk perjalanan dari Sumur Dock ke Pulau Peucang berlangsung kira - kira 3 - 4 jam perjalanan tergantung cuaca serta gelombang ( ombak ).


Peta Lokasi Pulau Peucang

 

 

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Peucang

Pulau dengan semua keajaiban yang di atas serta di bawah permukaan menyuguhkan berbagai macam kegiatan diantaranya : Trekking, berperahu, kano, pengamatan satwa, diving, senorkeling, surfing, camping dan lain - lain.

Demikian ulasan di atas tentang Pulau Peucang. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang berguna dan dapat dijadikan bahan panduan atau referensi bilamana anda hendak berlibur ke Pulau Peucang. Terima kasih.
Advertisements