Danau Kelimutu - Wisata Populer Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu merupakan satu keajaiban yakni danau tiga warna, danau - danau unik ini merupakan bagian dari Gunung Kelimutu yang mempunyai ketinggian kira - kira 1.639 mdpl. Berada di kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Danau unik ini dapat berubah warna dengan sendirinya tanpa diperkirakan, mengenai berbagai macam warna yang pernah muncul dari ketiga danau tersebut yakni putih, biru, hijau, coklat serta beberapa warna lainnya. Danau Kelimutu masuk ke Area Taman Nasional Kelimutu.

Danau Kelimutu


Danau Kelimutu diketahui oleh penduduk setempat merupakan tempat yang angker, tempat bersemayamnya arwah mereka yang sudah meninggal dunia. Bahkan penamaan dari ketiga danau tersebut cukup menakutkan, seperti halnya pada danau paling barat ( paling jauh ) yakni " Tiwu Ata Mbupu " artinya jiwa - jiwa orang tua yang sudah meninggal. Yang berada di tengah yakni " Tiwu Nuwa Muri Koo Fai " artinya danau untuk jiwa - jiwa muda - mudi yang sudah meninggal, serta yang letaknya sebelah timur yakni " Tiwu Ata Polo " artinya danau untuk jiwa yang waktu hidup selalu berbuat kejahatan, danau ini merupakan danau pertama yang dijangkau oleh wisatawan.


Danau Kelimutu Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu
Pesona alam Danau Kelimutu


Gak seperti namanya yang menyeramkan, Danau Kelimutu sejatinya merupakan danau kawah yang elok serta pantas untuk dikunjungi oleh para pengunjung, perubahan kimia dari ketiga kawah yang berbentuk danau itu yang mengakibatkan terjadinya perubahan warna air pada danau itu sendiri, hal ini malahan menambah daya tarik serta keunikan salah destinasi wisata utama di Nusa Tenggara Timur ini.

Sejarah Danau Kelimutu

Awal mulanya kawasan ini ditemukan oleh orang Lio Van Such Telen, kewarganegaraan Bapak Belanda Mama Lio, tahun 1916. Keelokannya dikenal luas sesudah Y Bouman menggarkan dalam tulisannya tahun 1929. Mulai itu pelancong asing mulai berkunjung untuk menikmati danau yang diketahui angker bagi penduduk setempat. Mereka yang berkunjung tidak hanya pecinta keindahan, melainkan juga peneliti yang ingin mengetahui kejadian alam yang begitu langka. Kawah Kelimutu sudah ditetapkan merupakan Wilayah Konservasi Alam Nasional mulai 26 Feberuari 1992.


Cara Menuju Danau Kelimutu

Kebanyakan pengunjung yang akan menuju Danau Kelimutu pergi dari Moni pagi sekali ( kira - kira jam 4 pagi ) agar dapat menikmati pemandangan sunrise di puncak Gunung Kelimutu, perjalanan dari Moni ke Danau Kelimutu gak terlalu jauh kira - kira 30 menit perjalanan, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki kira - kira 15 menitan melewati jalan setapak menuju bibir danau. Moni itu sendiri merupakan salah satu kampung yang merupakan tempat peristirahatan sebelum sampai ke Danau Kelimutu, khususnya untuk pengunjung yang akan berburu sunrise sebab dianjurkan untuk menginap. Lumayan banyak pilihan tempat menginap di Moni dengan harga yang ditawarkan lumayan terjangkau. Serta jangan lupa untuk membawa perlengkapan penerangan atau lampu senter disebabkan jalan setapak menuju Danau Kelimutu di malam hari sangatlah gelap dikarenakan tanpa ada penerangan. Selain itu sebaiknya para pengunjung juga mengambil air minum lantaran jalan setapak lumayan menanjak serta terkadang udara cukup berbau belerang.

Apabila anda berkeinginan untuk tidak menginap di Moni, anda dapat langsung pergi dari Ende atau Maumere, jarak perjalanan dari Ende kira - kira 1 jam sedangkan dari Maumere kira - kira 2 jam perjalan melewati jalur yang lumayan berliku serta curam. Meskipun tidak berburu sunrise, ada baiknya anda pergi pagi - pagi dan sampai di danau Kelimutu sebelum jam 10 pagi, karena pemandangan sesudah lewat jam segitu akan tertutup oleh kabut tentunya pengunjung tidak bisa menyaksikan keindahan danau tersebut.

Kelelahan dari perjalanan panjang ditambah dengan trekking sampai ke bibir kawah akan terbayarkan sesudah anda sampai ti puncaknya serta menikmati keindahan alam yang menakjubkan.


Peta Lokasi Danau Kelimutu




Demikian ulasan tentang Danau Kelimutu. semoga tulisan ini dapat menyuguhkan informasi yang berguna serta dapat dijadikan panduan bilamana dan berlibur bersama keluarga tercinta, terima kasih.
Advertisements