Pasar Terapung Banjarmasin - Wisata Populer Di Kalimantan


Pasar Terapung Banjarmasin


 Pasar Terapung Banjarmasin - Wisata Populer Di Kalimantan



Pasar Terapung  Banjarmasin - Menyambangi sebuat kota yang berada di Kalimantan selatan tepatnya di wilayah Banjarmasin memiliki sensasi tersendiri untuk kita bersama keluarga tercinta. Dan pada ulasan kali ini akan mengupas tentang wisata pasar terapung yang berada di wilayah kota ini serta merupakan destinasi wisata di Banjarmasin yang lumayan populer.

Pasar Terapung yakni sebuah pasar tradisional yang keberadaanya di atas sungai Barito serta buka antara pukul 06.20 hingga pukul 08.00 WIT. Para pedagang serta pembeli yang terdapat disini semuanya memakai fasilitas transportasi Jukung ( perahu ) untuk menjual serta mencari barang dagangannya. Pada umumnya para wisatawan yang datang ke kota Banjarmasin sudah barang tentu meluangkan dirinya untuk menyambangi pasar terapung ini, sebab pasar ini merupakan sebuah pasar unik yang cuma ada satu di Indonesia yakni di kota Banjarmasin.


Sejarah Banjarmasin

Tidak bisa disangkal lagi pasar terapung yang ada di kota Banjarmasin - Kalimantan Selatan ini tidak bisa terlepas dari kerajaan Banjar yang berdiri kira - kira tahun 1595M. Lokasi pasar terapung itu sendiri pada saat itu dalam kepemimpinan oleh Patih Masih serta Patih mereka berdua yang mendapatkan tugas dari pemerintah setempat untuk mengurus wilayah ini, pasar apung dijadikan sebagai destinasi wisata kota Banjarmasin.


Rute menuju Pasar Terapung

Mengunjungi destinasi wisata di Banjarmasin ini terbilang cukup mudah, sebab lokasinya yang terledak di dekat Pusat kota Banjarmasin, jika anda berasal dari luar kota, sebelumnya anda bisa singgah terlebih dahulu di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, selanjutnya diteruskan ke kawasan pasar apung memakai transportasi perahu klotok dengan menempuh waktu kira - kira 45 menit perjalanan.


Peta Lokasi Pasar Terapung



Kegiatan yang bisa dilakukan di Pasar Terapung Banjarmasin

Menikmati keadaan pasar apung yakni sebuah pengalaman tersendiri untuk wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Disini anda bisa menjumpai aktivitas jual beli barang yang dilakukan di atas sungai dengan memakai sarana transportasi perahu. Tidak cuma itu saja, di sepanjang sungai menuju lokasi ini anda juga dapat menikmati panorama rumah - rumah penduduk warga sungai Barito yang semuanya terbuat dari kayu. Hal ini dikarenakan kayu yang dipakai untuk membuat rumah penduduk disini adalah jenis kayu Ulin yang populer kuat dan semakin kuat jika terkena air.

Lepas dari itu, jika anda mengunjungi Pulau Kembang, anda dapat menjumpai beberapa sekelompok monyet ekor panjang yang banyak dijumpai di pulau ini. Sekelompok monyet disini biasanya akan mendekati anda dan mengintai makanan yang anda bawa, selain monyet ekor panjang anda juga akan menjumpai sekelompok monyet dengan bentuk hidung mancung.


Pasar Terapung Banjarmasin
Sekelompok Monyet Hidung Mancung


Hal menarik yang dapat dijumpai disini yakni Festival Pasar Apung sebagai kegiatan tahunan yang diadakan oleh pemerintah Banjarmasin, Festival ini memiliki tujuan untuk melestarikan budaya setempat serta merupakan sarana untuk menarik wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.


Tips Mengunjungi Pasar Terapung Banjarmasin

Supaya sensasi wisata anda ke pasar terapung ini memiliki nuansa yang tidak dapat terlupakan, disarankan untuk mengetahui kiat - kiat berikut ini.

1. Memilih Jenis Transportasi

Untuk menyambangi destinasi wisata di Banjarmasin ini dapat memakai dua jenis fasilitas transportasi yakni memakai kendaraan sepeda motor ataupun mobil serta juga dapat memakai perahu kelotok, tentunya untuk anda yang suka dengan sensasi yang lain dapat memakai perahu kelotok untuk menyambangi Pasar Terapung di Banjarmasin.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Pedagang yang menjual barang dagangannya di Pasar Terapung ini ramai didatangi pada waktu pagi kira - kira mulai pukul 06.30 hingga pukul 08.00 WIT, niscaya anda mesti menyiapkan perlengkapan di malam hari seperti halnya kamera serta perlengkapan pendukung lainnya.

3. Perhatikan Barang Bawaan

Menyaksikan panorama wisata disini tentunya begitu mengasyikan, namun jangan sampai anda tidak memperhatikan barang bawaan anda, sebab pasar ini sangat ramai oleh aktivitas penjual dan pembeli. Jadi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan alangkah baiknya jika anda selalu memperhatikan akan barang bawaan anda terutama barang berharga seperti halnya handphone serta kamera.

4. Jangan Membuang Sampah di Sungai

Menjaga kebersihan lingkungan sangat dianjurkan, sebab kita akan lebih nyaman untuk mengunjunginya. Begitu juga dengan menjaga kebersihan di Pasar Apung ini yang dapat dilakukan dengan jalan membuang sampah pada tempatnya tidak di buang ke sungai.

Demikian ulasan tentang Pasar Terapung Banjarmasin. Semoga tulisan ini dapat menjadikan informasi untuk anda bilamana anda hendak berkunjung kesana bersama keluarga tercinta anda, terima kasih.

Advertisements