14 Tempat Wisata Tasikmalaya Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata Tasikmalaya - Tasikmalaya sebagai salah satu kota di Jawa Barat yang letaknya 106 km arah timur dari kota Bandung. Meskipun baru diresmikan sebagai kota pada tahun 2001, akan tetapi Tasikmalaya sebagai kota dengan potensi yang lumayan menarik untuk anda kunjungi. Bila anda memiliki waktu luang untuk berkunjung ke kota Tasikmalaya, betapa baiknya jangan anda lewatkan untuk mencoba berbagai destinasi wisata Tasikmalaya. Untuk informasi lebih jelasnya lagi ikuti ulasan berikut ini :

1. Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung

Kawah serta pemandian air panas di Gunung Galunggung sebagai salah satu destinasi wisata yang begitu sering dikunjungi di kota Tasikmalaya. Gunung ini sebagai salah satu gunung berapi di Tasikmalaya serta sesudah tahun 1982, Gunung Galunggung membuat tempat wisata yang menyajikan kemolekan alam diantaranya danau, kolam renang, kolam rendam serta bak pemandian air panas.


2. Pantai Selatan Cipatujah

Para pengunjung menikmati pesona Pantai Selatan Cipatujah


Siapa kira, kawasan pesisir pantai kabupaten Tasikmalaya mempunyai pantai yang tak kalah bagus dan mempesona. Pantai tersebut yakni Pantai Selatan Cipatujah, Area wisata yang mesti dikunjungi bila anda ingin menelusuri Tasikmalaya. Untuk bisa sampai pantai ini sendiri, anda mesti melalui Kawalu, Sukarata, Cibalong serta Karang Nunggal. Di area ini, ada juga pantai yang lokasinya tidak jauh yakni pantai Sindang Kerta, Pamayang, Batu Pacakop serta Batu Karas.


3. Kampung Naga

Model rumah adat Kampung Naga

Bila anda penasaran seperti apa sisi budaya tradisional yang ada di Tasikmalaya, anda dapat meluangkan waktu untuk berkunjung ke Kampung Naga. Yakni merupakan sebuah desa yang masih tradisional serta memegang adat istiadat dan mempertahankan kebudayaan leluhurnya. Mulai dari Bangunan sampai pola hidup yang dianut oleh masyarakat di kampung ini masih sangat tradisional. Untuk bisa sampai ke kampung ini anda dapat melalui jalur utama Garut dan Tasikmalaya.


4. Pemandian Air Panas Ciawi

Suasana Pemandian Air Panas Ciawi

Bila anda mengarah Tasikmalaya dari Bandung, dari pertigaan Nagreg anda bisa mengambil jalur Ciawi. Di dalam perjalanan anda akan melalui Pemandian Air Panas Ciawi. Tempat pemandian ini tentunya tempat yang sangat menarik untuk anda kunjungi bila anda ingin singgah ketika dalam perjalanan. Terdapat dua kolam pemandian, air dingin serta air panas yang dapat anda jumpai di masing - masing bilik kamar mandinya. Tidak lupa juga terdapat restoran di sepanjang jalan yang dapat memanjakan lidah anda selepas anda berendam di air panas.


5. Teejay Waterpark

Suasana Teejay Waterpark

Waterpark ini yaitu wahana air yang tempatnya di komplek Asia Plaza di Jalan HZ Mustofa. Dengan luas area kurang lebih 28 hektar, begitu banyak fasilitas yang tersedia seperti halnya kolam ombak, kolam arus, gazebo, tube slider serta food court. Dengan tiket masuk yang cukup terjangkau yakni 20.000 rupiah pada weekday serta 30.000 rupiah pada weekend, ada sudah dapat merasakan semua fasilitas yang ada di wahana ini.


6. Wahana Air Taman Mangkubumi Indah

Suasana Taman Mangkubumi Indah

Di lokasi Taman Air Mangkubumi Indah ini gak cuma terdapat kolang renang untuk anak - anak serta orang dewasa, melainkan terdapat bermacam wahana dengan suasana alami lainnya. Cuma di wahana air ini anda dapat menikmati sensasi berenang dengan suasana perbukitan yang sejuk. Lain dari itu, terdapat juga fasilitas lain seperti halnya hotel, wahana flying fox, sepeda air, gazebo, sampai panggung hibunran serta juga gedung yang disediakan khusus pertemuan.


7. Water Splash Indihiang

Suasana Water Splash Indihiang

Ternyata di Tasikmalaya begitu banyak tersedia waterpark yang menarik untuk dikunjungi. Bila merasa bosan dengan waterpark yang satu tentunya dapat mengunjungi waterpark yang lainnya, salah satunya yakni Waterpark Splash Indihiang yang berada di Jalan Brigjen Wasita Kusuma, Indihiang.

Waterpark ini telah berdiri mulai tahun 2000 serta ditunjang dengan wahana seperti kolam arus, kolam khusus balita, whirl pool, gazebo, wahana flying fox, permainan trampolin, ember tumpah serta food court. Terdapat pula wahana yang memacu adrenalin anda seperti ATV serta juga point ball yang dapat anda rasakan bareng keluarga tercinta.


8. Waterboom Maarif Garden

Suasana Para pengunjung Waterboom Maarif Garden

Mulanya, wahana ini dibangun untuk tempat wisata keluarga, didirikan sejak tahun 2008 tepatnya bulan agustus. Waterboom Maarif Garden ini menyajikan begitu banyak wahana yang dapat anda nikmati bareng kerluarga anda, seperti halnya kolam renang, waterboom, flying fox, bola gelo, berputar - putar dengan menggunakan becak mini, terapi ikan atau fish spa, saung istirahat sampai kuliner khas Tasikmalaya yang bisa anda coba.


9. Mesjid Agung Manonjaya

Masjid Agung Manonjaya

Kurang lebih 12 km dari pusat kota Tasikmalaya, terdapat Masjid Agung yang kerap dikunjungi oleh pengunjung yang ingin mengetahui lebih jauh akan kota Tasikmalaya. Masjid ini diyakini telah didirikan sejak tahun 1832, ketika itu masih jaman kerajaan Sukapura masa kepemimpinan Raden Tumenggung Danuningrat, sebagai awal mula berdirinya Tasikmalaya.


10. Situ Gede

Pesona alam Situ Gede

Situ mempunyai arti sebuah danau alam, tentunya Situ Gede ini artinya danau besar. Dengan luas kurang lebih 47 ha, danau ini yakni salah satu ikon untuk wisata kota Tasikmalaya. Banyak fasilitas hiburan yang terdapat di danau ini seperti halnya jogging track, wahana rekreasi, area pemancingan, area untuk berperahu bahkan sampai tempat untuk pertemaun yang dapat anda nikmati di Situ Gede ini. Lokasi Situ Gede paling ramai di datangi yakni pada hari sabtu, minggu ( weekend ).


11. Tonjong Canyon

Pengunjung melompat dari tebing - Tonjong Canyon

Tonjong Canyon sebagai salah destinasi wisata di Tasikmalaya, destinasi yang satu ini agak berbeda dengan destinasi wisata Tasikmalaya lainnya. Tonjong Canyon yang berlokasi di Desa Nagrog Kecamatan Cipatujah Tasikmalaya. Keunikan dari wisata alam ini yakni mempunyai batuan yang nyaris sama dengan Green Canyon, disamping mempunyai bentuk batu yang unik serta terdapat air terjun.


12. Curug Cileutak

Suasana Curug Cileutak

Curug Cileutak yakni sebuah air terjun yang begitu menarik untuk dikunjungi. Curig ini terletak di Desa Sindang Asih Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya. Curug ini dapat dijadikan sebagai wahana bermain air yang menarik untuk anda, lantaran curug ini aman digunakan untuk berenang. Akan tetapi mesti ada sedikit perjuangan untuk dapat menikmati air terjun ini sebab terbilang cukup jauh dari jalan utama.


13. Curug Gado Bangkong

Pesona Curug Gado Bankong dari Ketinggian

Destinasi wisata air terjun tersembunyi di Tasikmalaya  selanjutnya yakni curug Gado Bangkong yang terletak di Desa Santan Mekar Kecamatan Cisayong Tasikmalaya. Untuk dapat sampai ke lokasi tersebut anda cuma dapat menggunakan transportasi roda dua serta diteruskan dengan berjalan kaki.

14. Curug Galunggung

Pesona Curug Galunggung yang bisa dinikmati dari kejauhan

Di penghujung bahasan akan Destinasi wisata air terjun Tasikmalaya yang terakhir yakni Curug Galunggung yang terletak di kaki Gunung Galunggung. Curug tersebut sangat susah untuk dijangkau sebab nyaris tidak akses yang memungkinkan untuk dapat mencapai lokasi curuh tersebut. Anda cuma dapat menikmati curug tersebut dengan pandangan dari kejauhan.

Demikian ulasan tentang Tempat Wisata Tasikmalaya. Semoga tulisan ini dapat menyuguhkan informasi tentang destinasi yang terdapat di kota Tasikmalaya serta dapat dijadikan panduan bilamana anda hendak berkunjung kesana, terima kasih atas kunjugannya di yupelesir.

Advertisements