Pantai Pandawa Bali - Tempat Wisata Populer Baru di Bali


Pantai Pandawa Bali

 Pantai Pandawa Bali - Tempat Wisata Populer Baru di Bali



Pantai Pandawa Bali - Wilayah ujung selatan pulau Bali rupanya selalu saja memiliki pantai - pantai yang dapat menjadi terkenal ke pelosok penjuru dunia. Beberapa pantai terletak di kecamatan Kuta serta Kuta Selatan Kabupaten Bali. Pada umumnya yakni pantai - pantai populer di Indonesia hingga  di dunia, sebut saja pantai Kuta, Legian, Blue Point, Balangan dan yang paling anyar yakni Pantai Pandawa. Pantai yang saat ini masuk ke dalam salah satu destinasi wisata yang terkenal di Bali tentunya dapat bersaing dengan destinasi wisata pantai lainnya yang ada di Bali seperti halnya Kuta, Tanah Lot, Pantai Sanur.

Popularitas pantai Pandawa dapat ditilik dari begitu banyaknya wisatawan di balik baik itu lokal maupun mancanegara memposting foto - foto mereka ketika berada di pantai yang lokasinya berada di Desa Kulu ini. Sebelum memakai nama Pantai Pandawa atau belum diurus secara resmi merupakan destinasi wisata, Pantai Pandawa erat dinamakan sebagai Secret Beach oleh para penduduk setempat ataupun pengunjung indonesia.

Pantai Pandawa mempunyai panjang hingga 1 km yang dibatasi oleh dinding kapur tinggi yang menjadikan menguyajikan pemandangan dari atas tebing kapur atau bawah akan terlihat begitu mempeseona. Pantai Pandawa juga saat ini dapat diakses dengan gampang lantaran jalan menuju pantai ini cukup mudah serta mulus. Selain itu pendukung yang tersedia di lokasi ini cukup lengkap.

 

Sejarah Pantai Pandawa Bali

Sebelum populer dengan nama Pantai Pandawa, pantai ini lebih diketahui oleh pengunjung dari mancanegara yakni Secret Beach ( Pantai Rahasia ). Mengapa dinamakan demikian ? sebab pantai ini terletak di wilayah yang cukup terpencil dan jarng diketahui. Para pengunjung mancanegara yang ke secret beach ini terasa begitu terjaga privasinya serta begitu bebas ketika berada disana.

Pantai ini juga tadinya diketahui sebagai Pantai Kuluh oleh pengunjung lokal atau penduduk setempat, sebab lokasinya berada di Desa adat Kuluh. Akan tetapi sesudah dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan kabupaten Badung ( Bali ). Pantai ini akhirnya diberi nama Pantai Pandawa, sesuai dengan palung - palung Pandawa 5 yang terukir sebelum masuk ke kawasan pantai.

Pantai yang dulunya lumayan susah untuk diakses, sekarang dengan gampang dapat diakses lantaran adanya pembangunan jalan sepanjnag 1,5 km dari jalan utama menuju lokasi pantai. Pembangunan fasilitas pendukung yakni hotel, resort serta masih banyak lagi yang terus dilengkapi.

Keunikan Pantai Pandawa Bali

Sebelum masuk ke lokasi Pantai Pandawa, anda akan disajikan dengan panorama tebih kapur yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kiri serta pantai yang begitu mempesona yang sudah menanti. Pantai Pandawa berada di tepi selatan pulau Bali melainkan pada wilayah ini pantainya dikenal dengan pantai - pantai dengan yang memiliki pasir putih yang bersih serta mulus, mempunyai air yang jernih serta lumayan jauh dari keramaian tentunya sangat cocok bagi anda yang merefresh otak. Pada saat laut surut, akan menyajikan pemandangan yang lebih mempesona dibandingkan pada saat pasang.

Tebing yang berada di area Pantai Pandawa ini dipahat membuat 5 palung Pandawa dan Kunti, itulah yang menjadikan nama Pantai Pandawa. Palung - palung tersebut dapat kita saksikan sesudah melewati papan nama. Palung - palung ini terukir di tebing bagian kiri jalan, dari mulai palung Dewi Kunti, Darma Wangsa, Palung Bima, Palung Arjuna, Palung Nakula serta Sahadewa yang tingginya masing  - masing yakni 5 meter.


Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa

Anda dapat melakukan aktivitas yang seperti halnya berkunjung ke lokasi pantai, yaitu bermain air, berenang, menyusuri pantai dan tak terlewatkan untuk berfoto selfie dengan background Pantai Pandawa yang biasa dilakukan sebagian besar yang berkunjung ke lokasi ini.  Selain aktivitas yang sudah disebutkan diatas yang tentunya terdapat aktivitas lainnya yang ada bisa lakukan di Pantai Pandawa berikut ini :

Duduk Santai di Kursi Santai

Bersantai di kursi santai atau kursi jemur seraya minum es kelapa muda ataupun minuman lainnya yang begitu menarik untuk anda lakukan ketika berada di Pantai Pandawa. Kursi pantai ( jemur ) yang dilengkapi dengan payung biasanya disewakan dengan hayan yang ditawarkan cukup terjangkau yakni 50 rupiah selama 3 jam. Namun bila anda ingin berhemat, anda dapat duduk di warung - warung yang berada di tepian pantai.


Pantai Pandawa Bali
Deretan Kursi jemur - Pantai Pandawa


Bermain Kano atau Kayak

Ketika bertamasya ke Pantai Pandawa ada berbagai kegiatan watersport yang bisa dilakukan yakni bermain kano atau kayak, yang biasanya dilakukan ketika laut dalam keadaan surut. Dengan kapasitas hingga 3 orang anda dapat melakukan kegiatan ini, terkadang penduduk sekitar yang jadi pendayungnya. Aktivitas ini cukup recommended ketika laut surut niscaya keadaan air sangat tenang dan lumayan dangkal. Selain itu tersedia jaket pelampung serta life guard yang selalu memantau di sepantai pantai.


Pantai Pandawa Bali
Para pengunjung sedang bermain kayak/kano - Pantai Pandawa

Untuk menyewa kano di Pantai Pandawa Bali, berikut ini daftar harga tarifnya :

  • Single kano untuk wisatawan lokal Rp. 25.000/orang/jam
  • Double kano untuk wisatawan lokal Rp. 50.000/orang/jam
  • Jaket pelampung Rp. 20.000/orang/jam

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Pandawa Bali yang tadinya tidak terjamah dengan berbagai fasilitas penunjang yang memadai. Saat ini telah begitu memadai akan fasilitas penunjang wisatanya. Halaman parkir yang sangat luas, toilet, warung makan, pijat tradisional, serta ambulance yang tepap berjaga di kawasan pantai jika terjadi akan hal yang tidak diinginkan.


Akses menuju Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di tepi selatan pulau Bali serta cukup dekat dengan lokasi wisata paralayang Bukit Timbis, Pantai Green Bowl ( Bali Cliff ) seta Pantai Melasti. Untuk itu, rute yang bisa anda tempuh untuk sampai ke Pantai Pandawa Bali ini diataranya sebagai berikut :

Bandara Ngurah Rai ke Pantai Pandawa Bali
Dari Bandara Ngurah Rai ke Pantai Pandawa bisa ditempuh dengan waktu yang cukup lama yakni 35 - 45 menit perjalanan untuk jarak tempuh sekitar 18 - 20 km.

 

Peta Lokasi Pantai Pandawa Bali



Demikian ulasan di atas tentang Pantai Pandawa Bali. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat dijadikan panduan jika anda hendak berlibur ke Pantai Pandawa ini, terima kasih atas kunjunganya di yupelesir.

Advertisements