5 Tempat Wisata Dieng Yang Mesti Anda Kunjungi

Tempat Wisata Dieng - Dieng sebagai salah satu dataran tinggi yang mempunyai destinasi wisata memikat  di Jawa Tengah. Terletak di wilayah Kabupaten Banjarnegara serta Kabupaten Wonosobo,sekitar 30 km dari jantung kota Wonosobo. Dataran tinggi Dieng berada di barat area Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing.

Berdasarkan silsilah, dataran tinggi dieng dikatakan sebagai lokasi para dewa dewi tinggal. Nama Dieng itu sendiri berasa dari kata Kawi : artinya tempat atau gunung serta " Hyang " yang memiliki arti dewa. Yang menjadikan mempunyai arti area pegunungan tempat dewa dewi sehingga tinggal.

Padahal sejarah lain yang ada menyebutkan jika nama Dieng bersumber dari bahasa sunda " di hyang", lantaran terletak dalam wilayah politik kerajaan Galuh. Di luar dari keelokan tempat wisatanya, melainkan dieng juta populer merupakan tempat yang pekat akan spiritual sebab disini terdapat candi - candi kuta yang bermotif Hindu dengan sentuhan arsitektur yang menarik.

Terletak di ketinggian 2.093 mdpl, dataran tinggi Dieng Wonosobo mempunyai udara yang sejuk dan menyegarkan tentunya dilengkapi dengan kabut ketika matahari tidak menampakan dirinya. Dengan rata - rata suhu dari 15 hingga 20 derajat Celcius, Dieng Wonosobo mempunyai berbagai destinasi wisata tentunya jangan sampai anda lewatkan.

Berikut ini beberapa tempat wisata dieng yang mesti anda sambangi berikut ini :

1. Telaga Warna

5 Tempat Wisata Dieng
Pesona Telaga Warna

Telaga Warna sebagai salah satu ciri khas dari destinasi wisata Dieng Wonosobo. Nama Telaga Warna dibawa lantaran telaga ini mempunyai warna yang berbeda - beda. Telaga warna ini mempunyai cerita tersendiri.


2. Bukit Sikunir

5 Tempat Wisata Dieng
Menikmati sunrise di Bukit Sikunir

Ingin menyaksikan sunrise ? anda dapat mendatangi ke Bukit Sikunir. Bukit ini yakni sebuah bukit yang populer di kalangan para wisatawan merupakan lokasi berburu sunrise. Lokasi tersebut di Desa Sembungan sebagai desa tertinggi di Jawa tengah.

Bukit Sikunir terletak pada ketinggian 2.200 mdpl. Diberi nama bukit kunir sebab bukit ini banyak wisatawan yang merasa ingin terus untuk datang mengejar sunrise. Cahaya matahari yang kekuningan seperti halnya kunir yang menjadikan penduduk setempat memberi nama sikunir. Kunir yakni bahasa jawa dari kunyit.


3. Sumur Jalatunda

5 Tempat Wisata Dieng
Pengunjung mencoba peruntungannya ( melempar ) di Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, kira - kira 12 km ke arah barat dari pusat lokasi wisata Dieng. Sumur Jalatunda ini awalnya sebagai sebuah ceruk rekahan kawah yang akhinrya digenangi air dengan diameter 90 meter serta mempunyai kedalaman ladi dari 200 meter. Lantaran air yang menggenangi ceruk tersebut kelihatannya seperti sumur.

Untuk bisa menuju sumur jalatunda ini, anda mesti menyiapkan stamina untuk memanjat 257 anak tangga. Pada anak tangga paling akhir, anda akan menjumpai gundukan kerikil beralaskan karung beras, menurut cerita penduduk sekitar barangsiapa yang bisa melempar kerikil dan dapat menyebranginya maka keinginannya dapat tercapai.

Maka dari itu, saat anda berkunjung ke sumur ini, anda akan menjumpai para penjual batu kerikil. Harga yang ditawarkan untuk baru kerikil tersebut yakni 500 rupiah. Banyak pengunjung yang mencoba keberuntungannya dengan melempar batu kerikil tersebut.


4. Kawah Dieng

5 Tempat Wisata Dieng
Para pengunjung menikmati pesona kawah

Dataran tinggi Dieng Wonosobo mempunyai beberapa kawah yang mempesona, yakni kawah Sikidang, Kawah Candradimuka serta Kawah Sileri yang masih aktif. Kawah Sikidang yakni merupakan kawah yang dijadikan unggulan tempat wisata di Dieng dan terletak di bagian timur Dieng. Panorama di sekitar kawah ini begitu mempesona, perpaduan bukit hijau yang membentang serta tanah kapur di sekitar kawah.

Diberi nama Sikidang karena kolam magma di kawah ini sering beraloh - alih seperti halnya kidang ( bahasa jawa untuk hewan Kijang ). Luapan magma di kawah ini lumayan tinggi, kurang lebih setengah hingga satu meter.

Area Sileri yakni salah satu di dataran tinggi Dieng dengan luas mencapai 2 ha. Anda bisa sampai kawah ini mesti dengan melakukan perjalanan sekitar 7 km dari area utama Dieng. Kawah Sileri masih menghembuskan asap putih. Dikasih nama Sileri sebab warna kawah putih ini serta aromanya nyaris sama dengan ari bekas mencuci beras. 

Sedangkan Kawah Candradimuka yakni kawah yang populer dengan cerita pewayangan. Dalam cerita tersebut,  kawah ini yakni dimana Gatotkaca di jedhi ( dimandikan dalam bahasa jawa ) yang menjadikan dia mempunyai kesaktian yang luar biasa. Lokasi kawah ini sekitar 6 km dari area utama wisata Dieng.


5. Candi Dieng

5 Tempat Wisata Dieng
Para penganut agama Hindu selesai beribadah

Candi merupakan sebuah lambang destinasi wisata di Dieng. Candi jugalah yang menjadikan Dieng sebagai kawasan yang sakral. Disini terdapat Candi Hindu yang terpencar di berbagai lokasi. Candi - candi yang terdapat di Dieng dikasih nama sama halnya dengan tokoh Mahabarata. Ada Candi Bima, Arjuna, Gatotkaca, Srikandi dan masih banyak lagi. Corak bangungan candi di sini mengikuti model candi di India dengan ciri khas serta relief yang menghiasi bangungan candi.

Demikian ulasan di atas tentang 5 Tempat Wisata Dieng. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dari dijadikan panduan bilamana hendak berkunjung ke sana, terima kasih.

Advertisements