Pantai Batu Karas - Pangandaran, Surganya Para Peselancar

Pantai Batu Karas merupakan kombinasi antara Pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran sebab terletak pada garis pantai yang sama. Pantai Batu Karas ini sangat tepat untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga atau sahabat, lebih - lebih disebut salah satu pantai yang merupakan surganya bagi para surfer baik pemula ataupun professional.


Pantai Batu Karas


Pantai Batu Karas tidak cuma populer dengan airnya yang tenang, akan tetapi ombak laut yang cukup menantang. Air tenang dan gelombang yang cukup tinggi yakni perpaduan yang harmonis yang menjadikan lokasi pantai Batu Karas ini tergolong ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Sebagian kalangan ada yang menuturkan Pantai Batu Karas sebagai Bali kecil. Terbukti, pantai tersebut menyuguhkan pengalaman surfing yang nyaris sama. Pantai ini berjarak sekitar 20 km dari Pantai Pangandaran. Bentangan pasir hitam di sepanjang pantai dan debur ombak yang sesekali menggerus sebagian pasir merupakan panorama yang mempesona.

Bila disamakan dengan Pantai Pangandaran, tentunya jumlah pengunjung ke Pantai Batu Karas tergolong relatif sepi. Ini juga yang menimbulkan Pantai Batu Karas digemari sebagian kalangan penyuka perjalanan suka akan situasi yang cukup tenang.


Rute Perjalanan ke Pantai Batu Karas

Untuk menuju lokasi Pantai Batu Karas, anda bisa memakai fasilitas transportasi darat baik roda dua atau roda empat. Sesudah tiba di kawasan Pangandaran, mengikuti petunjuk arah menuju Cijulang. Kecil kemungkinan anda nyasar lantaran banyak terpampang petunjuk arah menuju lokasi wisata Pantai Batu Karas.

Untuk dapat masuk, anda dapat membayar tiket masuk area Pantai Batu Karas berikut ini

  • Pejalan kaki ================= Rp. 1.500/orang
  • Sepeda motor ================ Rp. 5000
  • Kendaraan jenis sedan ========== Rp. 10.000
  • Kendaraan jenis carry ========== Rp.  20.000
  • Kendaraan penumpang besar ===== Rp. 23.000
  • Bus kecil =================== Rp. 34.000
  • Bus sedang =================  Rp. 50.000
  • Bus besar =================== Rp. 80.000


Titik Berselancar di Pantai Batu Karas

Di kalangan peselancar, Pantai Batu Karas mungkin gak asing lagi kedengarannya. Disamakan pantai yang lainnya, Pantai Batu Karas tergolong pantai paling datar. Pantai ini juga mempunyai sebuah teluk kecil yang tentunya para surfing gak mesti repong mendayung begitu jauh titik awal gelombang.

Anda bisa menjumpai banyak sewaan perlengkapan berselancar di pantai ini, serta sekaligus dengan instruktur yang professional yang akan memandu semua yang berhubungan dengan selancar, khususnya bagi pemula.

3 titik di pantai Batu Karas yang kini menjadi lokasi favorit bagi para surfer, yakni Bulak Pendak, Legok Pari serta Karang. Di Bulak pendak gelombang yang datang membentuk dinding tinggi serta panjang. Tentunya sangat disarankan untuk surfer professional yang dapat mencoba titik ini lantaran ombaknya begitu tinggi. Akan tetapi untuk sampai lokasi Bulak Pendak, peselancar mesti menyewa perahu terlebih dahulu.


Pantai Batu Karas
Peselancar sedang menaklukan gelombang ( Bulak Pendak - Batu Karas )


Sedangkan Legok Pari yakni titik yang paling populer sebab tergolong cukup aman menginat ombaknya tidak terlalu tinggi. Tentunya sangat cocok untuk pemula.

Dan yang terakhir yakni karang, secara harfiah karang memiliki arti batu. Sudah bisa dipastikan banyak batu - batu di sekitar pantai. Peluang untuk berselancar di lokasi ini hanya bisa dilakukan saat air laut mengalami pasang saja.


Kegiatan Menarik Lainya di Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas tidak hanya untuk tujuan bagi para surfer saja, akan tetapi juga sebagai pantai yang tepat untuk mereka yang ingin menikmati aktivitas wisata bahari dengan bermain jetsky, banana boat.

Untuk anda yang suka akan adventure, area Batu Karas menyuguhkan sejumlah tempat yang bisa digunakan untuk berpetualang, hiking serta camping. Bila ingin petualangan yang memacu adrenalin, anda bisa meminta bantuan penduduk sekitar untuk berangkat ke karang nunggal, yakni sebuah pantai kecil terpencil. Di lokasi ini, pemandangan terlihat sangat menawan dengan bebatuan tinggi serta kokoh.


Pantai Batu Karas
Pengungjung sedang menikmati Banana boat


Secara umum, area destinasi wisata Pantai Batu Karas ini yaitu tujuan berlibur yang tepat untuk siapapun untuk mengisi liburan anda. Anda bisa berjalan menyusuri pantai ketika untuk waktu sunset tiba. Anda juga dapat singgah di warung - warung di pinggir pantai untuk menikmati secangkir kopi.


Oleh - Oleh dan Kuliner

Bila anda ingin membeli souvenir (oleh - oleh), di area pantai Batu Karas terdapat beberapa toko souvenir yang menjual aneka T-shirt, pakaian renang serta berbagai jenis kerajinan tangan yang terbuat dari kerang atau benda - benda laut lainnya. 


Pantai Batu Karas
Wisatawan mancanegara sedang menikmati kuliner - Batu Karas


Disaat lapar tiba, di Batu Karas juga tersedia banyak restoran serta warung makan dengan sajikan kuliner makanan lokal. Sejumlah restoran dapat anda jumpai di hotel - hotel. Bila ingin menikmati sajian kuliner lainnya, seperti halnya seafood atau masakan khas sunda, anda bisa datang ke warung - warung makan di area Pantai Batu Karas.


Hotel di Pantai Batu Karas

Di sekitar pantai sudah tersedia banyak penginapan serta hotel dengan tarif yang beragam. Sejumlah hotel juga menyajikan cottage serta bungalow. Bila anda ingin mengetahui lebih dekat lagi tentang serta kebiasaan penduduk sekitar, anda bisa menyewa rumah penduduk sekitar. Anda bisa mencari hotel atau penginapan dekat Pantai Batu Karas secara online guna memastikan tersedia atau tidaknya kamar (penginapan).


Peta Lokasi Pantai Batu Karas




Demikian ulasan tentang Pantai Batu Karas. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang bermanfaat serta dapat dijadikan pegangan atau referensi bilaman ingin berlibur ke Pantai Batu Karas, terima kasih.
Advertisements