Green Canyon Pangandaran - Wisata Populer Jawa Barat

Green Canyon Pangandaran - Green Canyon atau lebih diketahui Cukang Taneuh oleh masyarakat setempat, berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Kira - kira 31 km dari pusat kota Pangandaran. Asal muasal dengan sebutan Green Canyon sendiri dari seorang wisatawan mancanegara  tepatnya warga negara Francis yang berkunjung sekitar tahun 1993. Hal ini disebabkan karena akan jernihnya air dari sungai lumut hijau yang begitu banyak di sisi tebing yang menjadikan airnya yang begitu jernih kehijauan yang membuat terkenal dengan nama Green Canyon.


Green Canyon Pangandaran


Bagi masyarakat sekitar, Cukang Taneuh mempunyai arti yakni Jembatan Tanah. Dengan ini karena berada di atas lembah serta jurang Green Canyon terdapat salah satu jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani setempat untuk mencapai lahan pertaniannya ( kebun ).


Akses ke Green Canyon Pangandaran

Bilamana anda berasal dari luar jawa tentunya anda akan memakai transportasi udara, menuju kota Bandung. Dari Bandung, akan diteruskan memakai transportasi darat menuju Pangandaran. Sesudah sampai di kota Pangandaran, anda bisa memakai  jasa mini bus sampai terminal Cijulang, selanjutnya meneruskan perjalanan bisa dengan transportasi ojek ataupun rental mobil. Akan tetapi sekarang anda bisa langsung memakai transportasi udara menuju Bandar Udara Nusawiru ( Cijulang) sehingga anda menghemat waktu tempuh perjalanan.

Untuk bisa sampai ke Green Canyon sendiri dari dermaga Ciseureuh, anda mesti menempuh perjalanan kurang lebih 30 hingga 45 menit dengan memakai perahu kayu modern yang populer dengan istilah " Ketiting ". Tarif per orang untuk perahu tersebut yakni Rp. 75.000 dengan kapasitas maksimal lima orang serta beroperasi mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Green Canyon Pangandaran
Ketiting yang mengantarkan para wisatawan

Ketiting ini akan mengantarkan anda menelusuri sungai. Sepanjang perjalanan akan disajikan oleh panorama pohon - pohon hijau yang membubung tinggi selama perjalanan. Jika beruntung  anda bisa menjumpai satwa di sekitar sungai. Anda juga dapat menikmati air terjun dari sisi tebing.


Peta Lokasi Green Canyon

 

Kegiatan yang dapat dilakukan di Greeen Canyon

Dengan keelokan yang disajikan oleh Green Canyon tentunya akan merasa takjub dengan keelokannya. Maka dari itu, anda disarankan untuk membawa kamera ketika menyusuri sungai. Namun jangan lupa untuk membungkus kamera lantaran anda akan banyak berinteraksi dengan air, tentunya akan riskan pada kamera itu sendiri.

Selama perjalanan yang lumayan panjang, nantinya anda akan menjumpai dengan beragam arus sungai yang besar kemungkinan anda untuk berenang. Anda bisa berenang di air sungai yang begitu jernih sambil menyaksikan ikan berang. Jika anda menyukai kegiatan yang memacu adrenalin, anda bisa mencoba terjun ke dasar sungai dari batu yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Sedangkan untuk anda yang gemar akan ketenangan, naik sampan sambil memancing akan menjadi alternatif yang tak kalah serunya.

Green Canyon Pangandaran
Wisatawan yang mencoba terjun dari tebing

Salah satu kegiatan yang menjadi idola para wisatawan yakni Body Rafting. Untuk bisa mencoba melakukan kegiatan ini anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000 hingga Ep. 200.000. Paket Body Rafting ini tidak cuma rafting saja akan melainkan anda juga dapat berenang di kejernihan air Green Canyon.

Kuliner

Bilamana anda tidak membawa perbekalan atau aneka makanan lainnya dari rumah, disana terdapat pernjual makanan yang ada di sekitar area parkir pintu masuk. Di sana terdapat deretan rumah makan yang menyediakan aneka makanan sunda serta seafood.


Tips Berswisata di Green Canyon Pangadaran


  • Jangan lupa untuk membawa pakaian cadangan, sebab di sini nantinya anda akan berinteraksi dengan air tentunya dapat menjadi baju anda basah.
  • Jangan anda membawa kantong plastik untuk melindungi barang bawaan anda terutama barang elektronik ( kamera, handphone).
  • Disarankan untuk memakai alas kaki anti selip atau lebih nyaman lagi memakai sandal gunung.
  • Bawalah persediaan makanan serta minuman cadangan karena tidak terdapat penjual makanan hanya pada area pintu masuk saja.
  • Anda diwajibkan untuk membawa kantong plastik untuk membuang sampah akan kebersihan dan keindahan Green Canyon selalu terjaga.

Jam operasional destinasi wisata ini mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Khusus untuk hari jum'at mulai dari pukul 13.00 WIB atau setelah sholat jum'at. Harga tiket masuk ke destinasi wisata ini mulai dari Rp. 150.000 hingga 250.000 tergantung dengan paket wisata yang anda pilih.

Demikian ulasan tentang wisata Green Canyon Pangandaran. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang berguna serta bisa dijadikan panduan bilamana anda ingin berwisata ke Green Canyon bersama keluarga atau sahabat anda. Terima kasih.
Advertisements