Situ Mustika - Wisata Alam Favorit Kota Banjar

Situ Mustika yakni salah satu dari beberapa destinasi wisata yang berada di Kota Banjar , Jawa Barat, tepatnya Kelurahan Karang Panimbal Kecamatan Purwaharja Kota Banjar. Destinasi ini menyajikan akan keindahan alam hutan lindung  serta pemandangan Situ yang asri yang berada di tengah kota, tentunya sangat tepat untuk merefresh dari kepenatan padatnya aktivitas.


Situ Mustika


Di tengah situ tersebut terdapat sebuah nusa ( pulau kecil ) yang dihubungkan dengan jembatan gantung yang menjadikan suasana destinasi wisata ini semakin mempesona dan patut untuk anda kunjungi. Area wisata ini dikelola Perhutani serta mempunyai luas sekitar 8,5 Ha, terbagi mendaji dua yakni 3,5 Ha air ( situ ) serta 5 Ha daratan.

Sejarah Situ Mustika

Situ Mustika dibangun kira - kira tahun 1950 an untuk mencukupi keperluan air untuk masyarakat setempat serta RSUD Kota Banjar.

Pada era tahun 1950 - 1962 an, Situ Mustika dijadikan sebagai destinasi wisata lokal untuk masyarakat Banjar Patroman, terutama setelah Lebaran ( Idul Fitri ). Lazimnya pada waktu H+4 hingga H+8 yakni musim puncak keramaian di lokasi wisata Situ Mustika tersebut. Kegiatan yang paling mengasyikan yakni bersepeda di jembatan papan panjang yang menyebrangi situ ke nusa ( pulau kecil) yang berada di tengah situ tersebut.

Serta atraksi lomba loncat indah dari papan loncat yang memiliki ketinggian kurang lebih 5 m hingga mencapai 25 meteran. Tidak hanya pemandangan yang disajikan dari Situ Mustika melainkan kuliner yang juga tersedia. Jenis kuliner yang dijajakan di lokasi tersebut tentunya beragam pula diantaranya  nasi timbel, pepes ikan asin peda merah, tape ketan hitam serta rujak pedas, es kopi dan masih banyak yang lainnya.

Namun pada tahun 1965, Situ Mustika dikuasai oleh pihak BTI/PKI. Mereka menguasai wilayah kehutanan Situ Mustika lantaran mendapat sokongna dari SB Kehutanan/SOBSI pada masanya. Sesudah terjadi peristiwa G30 SPKI, posisi BTI/PKI menjadi terdesak. Sekitar tahun 1966, kawasan  Situ Mustika ini di pegang pihak berwajib serta selanjutnya diberikan pada pihak yang dan kemudian diberikan kepada pihak Kehutanan Ciamis. Kemudian pada tahun 1985, lokasi tersebut resmi dijadikan sebagai destinasi wisata oleh Perum Perhutani.

Daya Tarik Situ Mustika

Area Situ Mustika masih alami serta dibatasi oleh hutan lindung. Udaranya masih sejuk sebab masih terdapat pepohonan yang menjulang tinggi di sekitar lokasi ini. Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu menikmati keelokan alam situ, hutan lindung, duduk santai di nusa sembari menghirup udara yang sejuk disekitar situ, jalan - jalan mengitari situ, trekking, main perahu serta memancing.

Di tengah pulau tersebut terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk berkumpul bareng keluarga atau botram ( makan bersama ).
Situ Mustika
 Jembatan gantung dan Gazebo


Kegiatan yang bisa dilakukan di Situ Mustika

Situ Mustika telah diketahui sebagai lokasi camping ground ( berkemah ). Organisasi Pramuka, serta para pecinta alam telah lazim kawasan Situ Mustika digunakan dalam kegiatan tahunnya. Hal ini dikarenakan destinasi wisata ini mempunyai lokasi yang strategis serta mempunyai syarat - syarat yang memadai untuk kegiatan di alam bebas dengan fasilitas penunjang yang cukup memadai.


Situ Mustika
Para Pealajar sedang melakukan kegiatan camping ground


Situ Mustika juga biasa digunakan untuk gathering oleh sebagian para komunitas diantaranya off roader, sepeda gunung, trail, digunakan sebagai lokasi kegiatan atau hanya untuk sekedar gathering saja.

Akan tetapi yang menjadi agenda rutin mingguan di lokasi ini yakni memancing. Para penghobi  mancing yang datang bukan hanya dari wilayah Kota Banjar saja, melainkan dari Banjar, Ciamis, Tasik bahkan Garut serta Cilacap.

Pertunjukan Budaya 

Setiap tahunnya selalu diadakan kegiatan " Ngarumat Mustika " yakni pertunjukan beragam seni tradisonal dari berbagai wilayah yang ada di Kota Banjar diantaranya calung, reog, ketoprak, ronggeng gunung serta kuda lumping. Kegiatan ini di hadiri oleh seniman serta budayawan baik dari dalam ataupun luar kota.

Fasilitas yang terdapat di Situ Mustika

Fasilitas yang tersedia di kawasan Situ Mustika sudah tergolong cukup memadai meskipun masih terbatas, seperti halnya MCK serta Mushola telah tersedia. Terdapat pula beberapa yang menjual aneka jenis makanan baik ringan atau berat ( warung nasi ), area parkir yang cukup luas, jalur trekking mengitari situ. Serta gazebo yang terdapat di tengah pulau dapat digunakan dengan memiliki daya tampung 10 hingga 15 orang.  Terdapat lima buah sepeda air untuk dapat menyusuri seluruh situ tersebut. Untuk dapat menikmati keindahan destinasi wisata ini anda dikenakan biaya yang cukup terjangkau yakni Rp. 500/orang.

Akses menuju Situ Mustika

Destinasi wisata ini terletak pada jalur selatan jawa dengan debit kendaraan yang cukup ramai serta dituju dari tida arah. Dari arah arah Ciamis dapat menggunakan jarah raya Ciamis - banjar dengan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan. Dari arah Jawa Tengah menggunakan jalan raya Majenang - Ciamis dengan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit perjalanan dari batas provinsi Jabar - Jateng. Sedangkan untuk dari arah Pangandaran menggunakan jalan raya Pangandaran - Ciamis dengan membutuhkan kurang lebih 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Pangandaran.

Peta Lokasi Situ Mustika




Demikian ulasan tentang Wisata Situ Mustika. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat dijadikan panduan bilamana anda hendak menikmati keindahan alam Situ Mustika bareng keluarga tercinta, terima kasih.

Advertisements