Gunung Tangkuban Perahu - Wisata Legendaris Di Bandung

Gunung Tangkuban Perahu - Orang Indonesia sudah barang tentu tidak asing aling dengan nama Gunung Tangkuban Perahu. Sebagai salah satu gunung yang melegenda serta menjadi salah satu destinasi wisata di kota Bandung, Jawa Barat.


Gunung Tangkuban Perahu


Kepopuleran akan legendanya yang melekat dengan gunung yang menjadi ikon pariwisata Bandung ini niscaya akan selalu diingat diseluruh masyarakat Indonesia. Nah apa saja keunggulan serta menjadi daya pikat yang begitu kuat bagi para traveller dimana saja berada. Untuk itu pada ulasan kali ini akan mengupas tentang Gunung Tangkuban Perahu.


Sejarah Gunung Tangkuban Perahu

Sejarah Gunung Tangkuban Perahu itu sendiri  memiliki keunikan tersendiri menjadikan semua orang tahu, serta bagi yang belum tahu justru akan menambah rasa penasaran untuk menyambangi destinasi wisata yang mempunyai panorama alam yang amat luar biasanya. Suhu alam pegunungan yang dingin serta sebagai salah satu gunung berapi yang masih aktif yang berada di pulau jawa. Namun walau tergolong gunung berapi yang masih aktif namun Gunung Tangkuban Perahu tidaklah berbahaya bagi para penggunjung yang hendak menyaksikan keindahannya dari dekat. Bagaimanapun keindahan dan cerita legenda yang kerap kontroversial yang menempel di gunung yang satu ini, yakni cerita seorang anak yang mempunyai nama sangkuriang yang mencintai serta sekaligus mempersunting ibunya sendiri yang bernama dayang sumbi.

Cerita Gunung Tangkuban Perahu begitu legendaris serta penuh dengan kontroversial. Di balik keindahan alam yang sejuk serta dinginnya area ini. Ternyata Objek wisata di Bandung ini menaruh sejuta misteri mengenai salah satu kasus akan sebuah perkawinan sedarah pada zaman dulu yang walaupun belum terjadi, akan tetapi melatar belakangi nama sebuah gunung yang sangat populer sampai saat ini.


Daya Tarik Gunung Tangkuban Perahu

Gunung yang tergolong masih aktif ini yakni sebuah area wisata alam Bandung yang berdekatan dengan daerah Lembang Bandung serta menjadi idola pariwisata daerah Jawa Barat, lantaran lokasi wisata alah khas pegunungan yang banyak mempunyai keunikan dan keindahan pemandangan serta kesejukan udaranya ini dapat menjadi daya pikat bagi para pengunjung. Tempat yang asri sangat begitu indah pada saat akhir pekan lebih - lebih memasuki musim libur panjang, niscaya akan ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.


Gunung Tangkuban Perahu
Antusias para wisatawan saat liburan tiba


Apa saja yang menjadi daya pikat utama ? Gunung Tangkuban Perahu sebagai kawasan pegunungan bagus yang indonesia punyai, sebab di luar nilai sejarah gunung tangkuban perahu yang melegenda, destinasi wisata ini juga sebagai area hutan lindung yang tetap terjaga kelestariannya serta kesegaran udaranya.


Gunung Tangkuban Perahu
Pesona alam Tangkuban Perahu


Lepas dari itu, alasan lain yang menjadikan tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu selelu dikunjungi oleh para pengunjung di akhir pekan lebih - lebih pada masa - masa libur panjang. Namun yang mesti anda ketahui, Gunung Tangkuban Perahu sebagai area hutan yang sangat ekstrim udaranya begitu dingin, sudah barang tentu nilai jual kesejukan tempat menjadi keunggulan. Menjadikan pengunjung dari luar kota yang datang ke lokasi ini sangat senang serta betah untuk berlama - lama  untuk dapat menikmati keindahan dari tempat wisata bandung ini.

Wajib anda ketahui, bahwa tingkat suhu rata - rata di area Gunung Tangkuban Perahu sangat dingin sekali, yakni pada siang hari berada di kisaran 17 derajat Celcius, sementara untuk di malam hari jauh lebih ekstrim yakni 2 dejarat Celcius. Oleh sebab itu setiap pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini yang mesti anda persiapkan jaket yang tebal bisa menjadi jalan keluar agar anda dapat terhindar dari kedinginan.


Peta Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

 

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Tarif yang biasa untuk weekday              
Rp. 20.000/ orang
untuk biaya parkir kendaraan mobil pribadi
untuk biaya parkir kendaraan mobil bus
untuk biaya parkir kendaraan motor
Rp. 25.000
Rp. 110.000
Rp. 12.000
Tarif untuk weekend
Rp. 30.000/ orang
untuk biaya parkir kendaraan mobil pribadi
untuk biaya parkir kendaraan mobil bus
untuk biaya parkir kendaraan motor
Rp. 35.000
Rp.150.000
Rp.17.000


Tips untuk Berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu

bilamana anda hendak ingin berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, ada baiknya jika anda memperhatikan beberapa tips yang harus anda perhatikan untuk kenyamanan serta keselamatan bagi anda di saat anda menikmati keindahan di lokasi ini :

  • Bawa perlengkapan pakaian tebal ( jaket )
  • Bawa masker sebagai penutup hidung serta mulut antisipasi bau gas sulfur atau belerang
  • Usahakan menggunakan sepatu agar dapat terhindar yang dapat mencelakai kaki anda

Nah, demikian ulasan tentang Wisata Gunung Tangkuban Perahu. Semoga tulisan ini dapat menjadi informasi yang berguna serta dapat dijadikan pandukan jika anda hendak berwisata ke objek wisata ini. Terima kasih.
Advertisements