Batu Hiu Pangandaran, Tanah Lotnya Jawa Barat


Batu Hiu Pangandaran,


 Batu Hiu Pangandaran, Tanah Lotnya Jawa Barat



Batu Hiu Pangandaran - Keelokan pantai Batu Hiu Pangandaran telah diketahui cukup lama. Lain daripada pantai pananjung pangandaran, pantai batukaras, karang nini serta pantai madasari ( cimerak ).

Kok bisa disebut batu hihu ? karena pantai ini mempunyai batu atau karang yang nyaris sama halnya ikan hiu. Pantai ini ada di wilayah Kabupaten Pangandaran, berjarak kira - kira 14 km ke arah selatan dari jantung kota Pangandaran di desa Ciliang kecamatan Parigi.

 

Legenda Batu Hiu Pangandaran

Di sebelah utara bukit, kita dapat menemukan (Pertapaan ). Kabarnya merupakan petilasan figur yang ada kaitannya dengan sejarah Batu Hiu tersebut. Memang ada legenda serta mitos yang ada kaitannya dengan pantai ini. Konon, pada abad ke - 11 sejumlah pasukan mataram yang diketuai oleh Aki Gede serta Nini Gede sampai di lokasi ini lewat laut.

Ketika berlabuh, mereka memutuskan untuk berhenti serta tinggal sementara di sekitar bukit. Aki serta Nini Gede kemudian menyuruh pasukan untuk memperoleh makanan. Salah satu Prajurit yakni
Ki Braja Lintang, berkeinginan untuk mencari ikan di sekitar pantai tersebut serta menangkap seekor ikan hiu. Saat Aki dan Nini Gede menyaksikan tentang ini, lalu mereka memerintahkan untuk melepaskan kembali ke lautan. Akan tetapi setelah dilepas, ikan tersebut berubah menjadi sebuah batu hitam yang begitu besar dan bentuknya nyaris seperti seekor ikan hiu dan masih kita lihat hingga saat ini. Serta terdapat beberapa gua di sekitar nya, penduduk sekitar meyakini bahwa salah satu dari beberapa gua tersebut terhubung ke wilayah cirebon di pantai utara.


Akses Menuju Batu Hiu Pangandaran

Untuk dapat sampai di lokasi tersebut tidaklah susah, patokannya yakni pangandaran. Sesudah sampai di Pangandaran, kita tinggal memperhatikan petunjuk arah yang telah disediakan. Untuk anda  yang memakai kendaraan umum, dari terminal Pangandaran dapat menggunakan angkutan pedesaan trayek cijulang, kemudian berhenti tepat di depan jalan yang bertanda Pantai Batu Hiu. Selanjutnya jalan kaki atau dapat menggunakan jasa ojek yang jaraknya kira - kira 2 km dari jalan provinsi atau utama.



Peta Lokasi Batu Hiu



 


Tanah Lotnya Jawa Barat

Keunggulan pantai ini yakni view alam yang begitu indah, lantas pantai ini digembar - gembor sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat. Untuk dapat menikmati panorama tersebut kita mesti naik ke se buah bukit kecil, dari atas bukit tersebut yang ditumbuhi pohon Pandan Wong tersebut, kita bisa menikmati birunya samudera Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung keputihan.


Batu Hiu Pangandaran,
Pintu Masuk Ke Batu Hiu

Menariknya, untuk bisa naik ke atas bukit, kita mesti melalui " gerbang " berupa terowongan kecil yang menyerupai mulut ikan hiu. Kita juga dapat bermain air laut di sebelah bukit tersebut. Akan tetapi mesti hati - hati, karena ubur - ubur bertebaran di pasir pantai. Saat hari mulai redup, pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam ( sunset ). Namun agak disayangkan, karena ombaknya yang cukup besar, menjadikan pantai ini tidak cocok untuk berenang.


Batu Hiu Pangandaran,
Sunset di Pantai Batu Hiu


Penangkaran Penyu Hijau

Kira - kira 12 km ke arah barat dari Batu Hiu, dapat kita temukan penangkaran penyu hijau yang dijalankan oleh kelompok Pelestari Biota Laut ( KKPBL ) Batu Hiu.

KKPBL ini berdiri sejak awal tahun 80 an berkat gagasan Bapak Didin atas dasar keprihatinan terhadap begitu maraknya perburuan serta pengambilan penyu untuk dikonsumsi serta dijual belikan dengan memburu penyu dewasa sampai telurnya.


Batu Hiu Pangandaran,
Anggota KKPBL sedang memindahkan tukik sebelum dilepas ke lautan


Penangkaran penyu adalah salah satu destinasi wisata edukasi di Pangandaran. Di sini pengunjung bisa mengetahui berbagai jenis penyu dan cara perkembangbiakan. Pengunjung juga diizinkan untuk mengelus serta memberi makan penyu - penyu tersebut.

Tidak dipungut bayaran ( tiket ) untuk dapat masuk ke penangkaran. Jika ingin berdonasi untuk mensupport kegiatan beliau serta kelompoknya, ada dapat mengisi kotak yang telah tersedia. Andai kata sedang beruntung, pada bulan - bulan tertentu kita dapat ikut melepaskan tukik ( anak penyu) kelautan.

 

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Batu Hiu Pangandaran

Jika anda merasa tertarik dan ingin berkunjung, lumayan banyak paket wisata yang menawarkan perjalanan menuju pantai ini. Adapun harga tiket masuk yakni berikut ini.
Daftar Harga Tiket Objek wisata batu Hiu
Orang
Motor  
Jeep    
Carry    
L300  
Bis kecil    
Bis sedang
Bis besar    
Rp.     3.300
Rp.     7.000
Rp.   19.500
Rp.   36.000
Rp.   51.500
Rp.   68.000
Rp. 106.000
Rp. 172.000

Nah, demikian uraian di atas tentang Batu Hiu Pangandaran. Semoga uraian ini dapat menjadi informasi yang berguna serta dapat dijadikan referensi bilamana anda ingin berkunjung ke pantai Batu Hiu itu sendiri, terima kasih atas kunjungannya di yupelesir.

Advertisements